Electronic Resource
Meningkatkan Kemampuan Gerak Koordinasi Melalui Gerak Dan Lagu Di KB Insan Ceria I Usia 3-4 Tahun Slamet Tumpang Kabupaten Malang
Masa perubahan tumbuh anak usia dini harus diperhatikan terutama pada perkembangan
motorik kasar terdiri dari pengendalian tubuh dan koordinasi gerak antara anggota tubuh anak
sama halnya dengan melompat, berdiri, berjalan, merangkak, maju-mundur, meloncat dan
berlari. Hasil penelitian observasi motorik kasar di KB Insan Ceria I masih kurang efektif.
Keterbatasan perlengkapan, media, serta kurangnya stimulasi yang dilakukan kepada anakanak.
Tujuan analisis merupakan untuk menaikkan keahlian gerak koordinasi menempu
aktivitas gerak dan lagu di KB Insan Ceria I Usia 3-4 Tahun Slamet Kecamatan Tumpang
Kabupaten Malang, agar anak-anak dapat lebih mudah begerak secara terkoordinasi melalui
gerak dan lagu.
Penelitian ini menerapkan mode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model PTK ttersusun
menjadi empat bagian antara lain, persiapan, implementasi, pengamatan dan gambaran.
Subyek penelitian anak-anak KB Insan Ceria I Slamet Kecamatan Tumpang Kabupaten
Malang dengan kuantitas 29 anak yang termasuk 14 putri dan 15 putra.
Pencapain riset membuktikan presentase siklus satu pertemuan yang kesatu sebanyak
48%, presentase dan pertemuan kedua menunjukkan hasil sebesar 68%. Hasil tersebut
menunjukkan anak belum memperoleh kerampungan sebanyak 75%, sedangkan presentase
pada siklus dua pertemuan kesatu ketuntasan rata-rata mendapat sebesar 75 %. Hal ini
menunjukkan bahwa kemampuan gerak koordinasi melalui gerak dan lagu dalam kegiatan
bermain dan belajar tertera dikelompokkan telah mencapai ketuntasan sebesar 75%.
Rangkuman penelitian ini, gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan gerak
koordinasi melalui gerak dan lagu di KB Insan Ceria I usia 3-4 tahun Slamet Kecamatan
Tumpang Kabupaten Malang, sebab bisa nampak dari adanya kenaikan pada siklus satu ke
siklus dua dengan gerak koordinasi melalui gerak dan lagu pada anak dilakukan dengan hasil
baik. Semoga dengan adanya analisis tentu saja tepat menjadikan pengetahuan bagi anak dan
peneliti selanjutya diharapkan bisa melengkapi kekurangan. Untuk guru/pendidik hendaknya
lebih kreatif dan aktif untuk melakukan gerak koordinasi melalui gerak dan lagu.
| SB00499S | KKI 372 WAT m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain