Electronic Resource
Pengembangan Media Interaktif “GaHu” dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan 7 Sengguruh
lajarannya perlu disajikan dengan cara yang menyenangkan bagi anak.
Kegiatan pembelajaran dengan media interaktif berbasis power point yang menarik
diharapkan dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran dan
penyampaian pesan serta memberikan stimulasi dan rangsangan pada anak untuk
mengembangkan keterampilan literasi khususnya pada literasi membaca.
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah apakah pengembangan media interaktif "GaHu" layak digunakan untuk
meningkatkan keterampilan literasi membaca pada anak kelompok B di TK
Dharma Wanita Persatuan 7 Sengguruh. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kelayakan pengembangan media interaktif "GaHu" dalam
meningkatkan keterampilan literasi membaca pada anak kelompok B di TK
Dharma Wanita Persatuan 7 Sengguruh.
Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode pendekatan Research
and Development (R&D). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian meliputi: (1)
mengidentifikasi potensi dan permasalahan; (2) melakukan pengumpulan data; (3)
merancang produk; (4) melakukan validasi desain; (5) merevisi desain; serta (6)
melakukan uji coba terhadap produk.
Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa media interaktif
“GaHu” yang dibuat menggunakan program PowerPoint untuk meningkatkan
keterampilan literasi pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan 7
Sengguruh.
Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi didapatkan skor 87 dengan
presentase 98,86% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil validasi dari
ahli materi dilakukan skor 76 dan presentase 100% dengan kategori “Sangat
Layak”. Berdasarkan pada uji coba skala terbatas dan skala luas diperoleh hasil
terdapat enam anak belum muncul kemampuannya pada saat menyusun huruf
hingga menjadi kata sederhana (nama buah-buahan) dan belum dapat memahami
hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. Dan terdapat enam anak lain yang sudah
mampu mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan, menyusun
huruf hingga menjadi kata sederhana (nama buah-buahan), dan memahami
hubungan antara bunyi dan bentuk huruf.
| SB00494S | KKI 372 ISN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain