Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Relaksasi Afirmasi 
Untuk Mengurangi Academic Burnout Pada Mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Electronic Resource

Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Relaksasi Afirmasi Untuk Mengurangi Academic Burnout Pada Mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Ica Saidatun Nisa - Nama Orang; Ajeng Intan Nur Rahmawati, M.Pd - Nama Orang; Leny Latifah, M.Pd., Kons - Nama Orang;

Academic burnout atau kelelahan akademik merupakan suatu kondisi yang
dialami oleh individu yang merasakan kelelahan fisik secara berlebihan, mengalami
kejenuhan terhadap akademik serta merasakan kelelahan secara emosional yang
disebabkan oleh banyaknya tugas atau tanggung jawab yang ditanggung begitu berat
sehingga individu tersebut tidak dapat menyelesaikan segala tanggung jawabnya dengan
baik. Teknik relaksasi afirmasi merupakan gabungan dari kedua teknik yaitu relaksasi
napas dalam dan afirmasi kalimat positif sederhana, yang mampu memprogramkan
pikiran individu yang sebelumnya memiliki pikiran negatif sehingga beralih menjadi
pikiran yang lebih positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas
layanan konseling kelompok behavior menggunakan teknik relaksasi afirmasi untuk
mengurangi academic burnout pada mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperiment desaign
karena dalam penelitian ini menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
dengan menggunakan rancangan model “Pretest-Posttest Control Group”. Teknik yang
digunakan untuk pengambilan sampel pada penelitian ini adalah probability sampling,
yaitu teknik pengambilan sampel yang dapat memberikan kesempatan yang sama bagi
setiap anggota dari populasi penelitian. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini
adalah 10 mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, peneliti membagi 5 menjadi
kelompok kontrol dan 5 menjadi kelompok eksperimen yang masing-masing kelompok
diperoleh dari hasil pretest untuk mengurangi academic burnout. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah skala MBI-SS yang diadopsi dari penelitian
sebelumnya. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistic nonparametric
dengan uji t test yang diolah dengan bantuan SPSS 25.0 for windows.
Hasil penelitian dijabarkan sebagai berikut: (a) Tingkat academic burnout
mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang yang menjadi subjek penelitian
sebelum diberikan perlakuan konseling kelompok behavior teknik relaksasi afirmasi
berada pada kategori “tinggi” rata-rata skor pretest skala MBI-SS pada kelompok kontrol
memperoleh 64,6 dan rata-rata skor pretest skala MBI-SS pada kelompok eksperimen
memperoleh 65,8. (b) Tingkat academic burnout mahasiswa Universitas PGRI
Kanjuruhan Malang yang menjadi subjek penelitian setelah diberikan perlakuan
konseling kelompok behavior teknik relaksasi afirmasi berada pada kategori “sangat
rendah” rata-rata skor posttest skala MBI-SS pada kelompok eksperimen memperoleh
33,0. (c) Hasil analisis uji paired t-test sebelum menggunakan treatment konseling
kelompok behavior teknik relaksasi afirmasi rata-rata hasil academic burnout mahasiswa
65,80 dan setelah perlakuan rata-rata hasil academic burnout mahasiswa 35,00. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian layanan konseling kelompok behavior
menggunakan teknik relaksasi afirmasi untuk mengurangi academic burnout pada
mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang sebesar 30,00. (d) Hasil analisis uji
independent sample t test, diperoleh rata-rata hasil academic burnout mahasiswa
kelompok kontrol 44,60 sedangkan pada kelompok eksperimen 35,00.


Ketersediaan
SB00487SKKI 371.4 NIS e/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 371.4 NIS e/s
Penerbit
Malang : Bimbingan dan Konseling - Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
xiv, 125hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.4
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Konseling Kelompok
Skripsi
Bimbingan dan Konseling
Layanan Konseling
Teknik relaksasi afirmasi
Academic burnout
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik