Electronic Resource
Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Relaksasi Afirmasi Untuk Mengurangi Academic Burnout Pada Mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Academic burnout atau kelelahan akademik merupakan suatu kondisi yang
dialami oleh individu yang merasakan kelelahan fisik secara berlebihan, mengalami
kejenuhan terhadap akademik serta merasakan kelelahan secara emosional yang
disebabkan oleh banyaknya tugas atau tanggung jawab yang ditanggung begitu berat
sehingga individu tersebut tidak dapat menyelesaikan segala tanggung jawabnya dengan
baik. Teknik relaksasi afirmasi merupakan gabungan dari kedua teknik yaitu relaksasi
napas dalam dan afirmasi kalimat positif sederhana, yang mampu memprogramkan
pikiran individu yang sebelumnya memiliki pikiran negatif sehingga beralih menjadi
pikiran yang lebih positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas
layanan konseling kelompok behavior menggunakan teknik relaksasi afirmasi untuk
mengurangi academic burnout pada mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperiment desaign
karena dalam penelitian ini menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
dengan menggunakan rancangan model “Pretest-Posttest Control Group”. Teknik yang
digunakan untuk pengambilan sampel pada penelitian ini adalah probability sampling,
yaitu teknik pengambilan sampel yang dapat memberikan kesempatan yang sama bagi
setiap anggota dari populasi penelitian. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini
adalah 10 mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, peneliti membagi 5 menjadi
kelompok kontrol dan 5 menjadi kelompok eksperimen yang masing-masing kelompok
diperoleh dari hasil pretest untuk mengurangi academic burnout. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah skala MBI-SS yang diadopsi dari penelitian
sebelumnya. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistic nonparametric
dengan uji t test yang diolah dengan bantuan SPSS 25.0 for windows.
Hasil penelitian dijabarkan sebagai berikut: (a) Tingkat academic burnout
mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang yang menjadi subjek penelitian
sebelum diberikan perlakuan konseling kelompok behavior teknik relaksasi afirmasi
berada pada kategori “tinggi” rata-rata skor pretest skala MBI-SS pada kelompok kontrol
memperoleh 64,6 dan rata-rata skor pretest skala MBI-SS pada kelompok eksperimen
memperoleh 65,8. (b) Tingkat academic burnout mahasiswa Universitas PGRI
Kanjuruhan Malang yang menjadi subjek penelitian setelah diberikan perlakuan
konseling kelompok behavior teknik relaksasi afirmasi berada pada kategori “sangat
rendah” rata-rata skor posttest skala MBI-SS pada kelompok eksperimen memperoleh
33,0. (c) Hasil analisis uji paired t-test sebelum menggunakan treatment konseling
kelompok behavior teknik relaksasi afirmasi rata-rata hasil academic burnout mahasiswa
65,80 dan setelah perlakuan rata-rata hasil academic burnout mahasiswa 35,00. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian layanan konseling kelompok behavior
menggunakan teknik relaksasi afirmasi untuk mengurangi academic burnout pada
mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang sebesar 30,00. (d) Hasil analisis uji
independent sample t test, diperoleh rata-rata hasil academic burnout mahasiswa
kelompok kontrol 44,60 sedangkan pada kelompok eksperimen 35,00.
| SB00487S | KKI 371.4 NIS e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain