Electronic Resource
Efektivitas Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran PPKn di SMK Wali Songo Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang
Penelitian ini berfokus pada Efektivitas Penerapan Metode Tanya Jawab
Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada
Pembelajaran PPKn di SMK Wali Songo Kecamatan Bululawang Kabupaten
Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana efektivitas
metode tanya jawab yang diterapkan dan memberikan solusi atas masalahmasalah yang terjadi pada saat penerapan. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan triangulasi untuk memperoleh keabsahan data, sedangkan
analisis data yang digunakan dalam penelitian ada 3 yaitu reduksi, display dan
verifikasi data. Bedasarkan temuan penelitian pertama menunjukkan bahwa
efektivitas penerapan metode tanya jawab dalam upaya meningkatkan
kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMK
Wali Songo Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang sudah berjalan
dengan baik, jika dikaji dari berbagai hambatan yang ada entah itu internal
maupun eksternal. Bedasarkan temuan penelitian kedua terdapat banyak
hambatan internal maupun eksternal salah satunya yang paling menonjol
adalah soal kepercayaan diri. Temuan peneliti ketiga dampak dari penerapan
metode tanya jawab itu sudah nampak untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis peserta didik. Rekomendasi yang bisa peneliti tuliskan untuk
menstimulus pemikiran peserta didik bisa menggunakan rumus 2W 1H yaitu
apa, kenapa dan bagaimana. Dengan demikian peserta didik jika menggunakan
strategi yang sudah direkomendasikan terbukti sudah bisa merangsang
keaktifan peserta didik selama pembelajaran berlangsung.
| SB00483S | KKI 371.114 ELV e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain