Electronic Resource
Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning Terhadap Peningktan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Bululawang
Penelitian ini fokus untuk membahas hasil analisis tentang (1) gambaran
model problem based learning dan discovery learning untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Bululawang, (2)
perbedaan hasil belajar siswa kelas VII ditinjau dari ranah kognitif dan ranah
afektif antara kelas eksperimen (model problem based learning) dan kelas kontrol
(model discovery learning) pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1
Bululawang, (3) efektivitas model problem based learning dan discovery learning
untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada pada mata pelajaran IPS di
SMP Negeri 1 Bululawang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif berdesain
eksperimen nonequivalent control group design. Populasinya ialah siswa kelas
VII SMP Negeri 1 Bululawang 2023/2024, yang berjumlah 52 siswa, yang tesebar
dua kelas yakni kelas VII A dan VII B yang masing-masing berjumlah 26 siswa.
Teknik sampling menggunakan sampling jenuh, dimana kelas VII A ditetapkan
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol.
Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data
menggunakan uji-t dan uji Manova. Kesimpulan hasil penelitian ini, sebagai
berikut: (1) Model problem based learning (kelas eksperimen) dan model
discovery learning (kelas kontrol) yang dapat meningkatkan hasil belajar IPS
siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bululawang yakni diterapkan dengan tahapan
meliputi orientasi siswa terhadap masalah, mengorganisir siswa untuk belajar,
melaksanakan tugas kelompok dan individu, mengembangkan dan menyajikan
hasil karya, serta menganalisis dan mengevaluasi hasil pemecahan masalah, (2)
Terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VII ditinjau dari ranah kognitif dan
afektif antara kelas eksperimen (model problem based learning) dan kelas kontrol
(model discovery learning) pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1
Bululawang, (3) Terdapat efektivitas penggunaan model problem based learning
dan discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada
mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Bululawang.
| SB00480S | KKI 371.657 CHA e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain