Electronic Resource
Analisis Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMPN 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai-nilai
Pancasila dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMPN 1 Mojosari
Kabupaten Mojokerto. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki peran
penting dalam membentuk karakter dan identitas warga negara. Penelitian ini
menginvestigasi bagaimana sekolah ini mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila
dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap pemahaman dan sikap
peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang
melibatkan Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, guru Pendidikan Pancasila, guru
Wali Kelas, guru Bimbingan Konseling, wali murid dan peserta didik sebagai
informan.
Penelitian ini akan mengulas latar belakang pentingnya Pancasila sebagai
ideologi negara dan landasan moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Penelitian ini akan memfokuskan pada metode pengajaran yang digunakan oleh
guru Pendidikan Pancasila dan mengkomunikasikan nilai-nilai Pancasila kepada
siswa. Penggunaan metode yang tepat dapat mempengaruhi pemahaman dan
penerimaan nilai-nilai tersebut oleh peserta didik. Selanjutnya, penelitian ini akan
mengevaluasi dampak implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran
terhadap sikap dan perilaku siswa kelas VIII di SMPN 1 Mojosari. Hal ini
termasuk dalam konteks pengembangan karakter, kepemimpinan, dan
kewarganegaraan yang diharapkan dari pendidikan Pancasila. Penelitian ini juga
akan memperhatikan tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh sekolah dalam
menjalankan implementasi ini. Apakah ada faktor-faktor eksternal atau internal
yang mempengaruhi pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah ini ?
Hasil dari penelitian ini akan memberikan wawasan yang lebih baik
tentang sejauh mana sekolah dapat mengintegrasikan nilai-nilai pancasila dalam
pembelajaran Pendidikan Pancasila, serta implikasi dari implementasi tersebut
terhadap karakter dan sikap siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat
memberikan masukan yang berguna bagi pengembangan pendidikan Pancasila di
sekolah-sekolah lain dan memperkuat pemahaman nilai-nilai Pancasila di
kalangan generasi muda Indonesia.
| SB00470S | KKI 371.114 HID | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain