Electronic Resource
Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Mendorong Partisipasi Guru PPKn dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Nasional Malang
Penelitian ini berfokus pada strategi kepemimpinan kepala Sekolah Menerapkan
Kurikulum Merdeka SMP Nasional Malang. Penelitian ini penting dilakukan
karena memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana kepala sekolah dapat
efektif memimpin dan melibatkan guru dalam proses implementasi kurikulum
merdeka. Melalui penelitian ini, dapat diidentifikasi praktik-praktik yang tepat dan
tantangan yang dihadapi, sehingga dapat memberikan rekomendasi konkret untuk
meningkatkan kualitas pendidikan. Metode yang digunakan adalah kualitatif
deskriptif dan teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah di SMP
Nasional Malang aktif meningkatkan kualitas sumber daya guru melalui pembinaan,
webinar yang diselenggarakan dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP),
adanya komunitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah (MGMPS).
Dukungan anggaran dana oleh sekolah kepada guru untuk mengikuti pelatihan
kurikulum merdeka secara mandiri. Kolaborasi dengan pihak terkait, seperti
Yayasan Perkumpulan Pengelolaan Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional
(P2PUTN) dan Dinas Pendidikan Kota Malang. Terdapat tantangan, seperti
hambatan penggunaan teknologi, disparitas usia dan manajemen ekonomi
| SB00462S | KKI 371.114 GAN s/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain