Electronic Resource
Pengembangan Inventori Manajemen Stres Bagi Siswa SMP Negeri di Kota Malang
m mengelola stres yang dirasakannya sehingga menjadi lebih baik. Selain itu
di dalam penelitian ini indikator menurut Damayanti dalam manajemen stres
adalah sebagai berikut : (1) penerimaan diri ( Self-Acceptance ), (2) hubungan
positif dengan sesama (Positive Relations With Others), (3) otonomi (Autonomy),
(4) penguasaan terhadap lingkungan (Environmental Mastery), (5) tujuan hidup
(Purpose in Life), (6) pertumbuhan pribadi (Personal Growth). Tujuan penelitian
untuk mengukur seberapa besar tingkat manajemen stres setiap siswa yang
memiliki validitas dan reabilitas yang baik.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang
mengacu pada teori Borg and Gall, penggunaan dalam penelitian ini terdiri dari 7
bagian di antaranya : (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan
menentukan tujuan, (3) mengembangkan inventori, (4) uji coba lapangan awal, (5)
revisi, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) Penyempurnaan produk akhir.
Subjek uji lapangan awal adalah ahli Bimbingan dan Konseling, Psikologi, dan
ahli Bahasa Indonesia. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu skala
manajemen stres dan skala penilaian instrumen manajemen stres untuk menilai
kualitas skala oleh ahli Bimbingan dan Konseling, Psikologi, dan Bahasa. Analisis
data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas.
Hasil uji coba produk menghasilkan inventori manajemen stress untuk
siswa SMP di Kota Malang yang terdiri dari 42 item pernyataan dinyatakan valid
dan memiliki koefisien reliablititas 0,941 yang berarti bahwa inventori yang
dikembangkan memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi.
Saran bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan pengembangan
inventori manajemen stres ini lebih lanjut dengan tingkat yang berbeda seperti
SMP, SMA, dan SMK. Mengingat tingkat perkembangan dan kematangan usia
serta proses belajar siswa berbeda dengan SMP.
| SB00453S | KKI 371.4 LET p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain