Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Nasionalisme 
Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan

Electronic Resource

Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Nasionalisme Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan

Putra Adiamsa - Nama Orang; Prihatin Sulistyowati, SS., M.Pd - Nama Orang; Drs. Iskandar Ladamay, M.Pd - Nama Orang;

Bahan ajar merupakan sarana menyampaikan pesan agar memudahkan
siswa dalam memahami materi pelajaran. Penggunaan bahan ajar yang kurang
menarik dalam mengajarkan materi IPS terutama di masa pandemi membuat siswa
hanya mengerjakan tugas melalui buku pendamping yang dimilikinya. Selain itu,
cakupan materi yang digunakan kurang menunjukkan karakter nasionalisme . Hal
ini berdampak pada siswa yang masih awam mendengar istilah nasionalisme. Maka
dibutuhkan E-Modul berbasis karakter nasionalisme. Tujuan dari penelitian ini
adalah menghasilkan E-Modul berbasis karakter nasionalisme yang layak, praktis,
dan efektif.
Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan
4D yang terdiri dari empat tahapan yakni: tahap pendefinisian (Definie), tahap
perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), dan tahap penyebaran
(Disseminate). Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas V di SD
Negeri Penarukan. Instrumen yang digunakan adalah observasi, angket, dan
dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengetahui masalah yang terjadi di
lapangan. Dokumentasi sebagai bukti dilakukannya penelitian. Angket terdiri dari
angket ahli materi, ahli bahasa, ahli media, praktisi, dan angket respon siswa.
Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif.
Hasil penelitian E-Modul berbasis karakter nasionalisme dapat diketahui
bahwa dari ahli materi memperoleh skor 96,87% dengan kategori layak, ahli bahasa
memperoleh skor 90,62% dengan kategori layak, ahli media memperoleh skor
89,58% dengan kategori layak, praktisi memperoleh skor 91,07% dengan kategori
sangat baik, respon siswa memperoleh skor 97,26% dengan kategori sangat baik,
dan uji keefektifan sebesar 80,83% dengan kategori efektif. Berdasarkan
pemaparan hasil penelitian di atas E-Modul berbasis karakter nasionalisme dapat
dijadikan acuan dalam pembelajaran IPS di kelas


Ketersediaan
SB00421SKKI 372 ADI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 ADI p/s
Penerbit
Malang : Program Studi PGSD Unikama., 2023
Deskripsi Fisik
xiv, 89hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
PGSD
Skripsi
E-Modul
Karakter Nasionalisme
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik