Electronic Resource
Pengaruh Game Online Dan Peran Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Pada Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas 4 SDN 1 Toyomarto Singosari
Pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia mengubah pembelajaran tatap
muka menjadi pembelajaran daring dan anak cenderung mengisi waktu luangnya
dengan bermain Game Online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
Game Online dan Peran Orang Tua terhadap tanggung jawab peserta didik pada
pembelajaran daring.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas. Jumlah
sampel dalam penelitian ini sebanyak 53 responden. Adapun responden dalam
penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas 4 di SDN 1 Toyomarto
Singosari. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan sampel jenuh. Teknik
pengumpulan data dengan memberikan kuesioner pada responden melalui Google
Form. Dalam membuktikan dan mengalisis hal tersebut, maka digunakan uji
validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda serta uji f
(simultan) dan uji t (parsial).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan berpengaruh terhadap
tanggung jawab pada pembelajaran daring peserta didik kelas 4 di SDN 1
Toyomarto Singosari. Hasil pengujian tersebut diperoleh dari nilai sign < 0,05 (0,00
< 0,05). Dengan demikian hasil pengujian hipotesis pada uji f (simultan)
menunjukkan adanya pengaruh Game Online dan peran orang tua secara bersamasama terhadap tanggung jawab pada pembelajaran daring. Secara parsial
berpengaruh terhadap tanggung jawab pada pembelajaran daring peserta didik kelas
4 di SDN 1 Toyomarto Singosari.
| SB00402S | KKI 372 SAP p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain