Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Kemampuan Menulis
Teks Eksplanasi Menggunakan Media 
Audiovisual Pada Siswa Kelas VIII
SMPN 2 Wagir’

Electronic Resource

Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Wagir’

Wulan Shofiatul Rizki - Nama Orang; Dr. Rahutami, M.Hum - Nama Orang; Suryantoro, M.Pd - Nama Orang;

Pembelajaran keterampilan menulis adalah suatu keterampilan berbahasa
yang digunakan sebagai alat komunikasi tidak langsung dan suatu cara dalam
mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam tulisan. Pada kenyataannya
keterampilan menulis menjadi salah satu kesulitan siswa saat pembelajaran
selain keterampilan berbicara. Dengan bertitik tolak pada uraian tersebut, penulis
melakukan penelitian yang berkaitan pada keterampilan menulis dengan judul
“Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Media Video
pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wagir”. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa menggunakan
media video.
Jenis penelitian ini adalah penelitia tindakan kelas. Teknik yang digunakan
mengumpulkan data, yaitu teknik tes dan teknik non tes. Data proses penelitian
dianalisis dengan teknik deskripstif kualitatif, sedangkan data hasil pembelajaran
dianalisis dengan teknik dekriptif kuantitatif. Data penelitian ini adalah data
proses pembelajaran dan data hasil pembelajaran. Sumber data penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Wagir.
Hasil pembelajaran dengan memperhatikan lima aspek dalam menulis,
yaitu isi, organisasi, kosa kata, penggunaan bahasa, mekanik. Pada indikator
KD 4.10 siswa mampu menuliskan teks eksplanasi. Rata-rata nilai siswa secara
keseluruhan pada siklus I sebesar 73,38, pada siklus II menunjukkan peningkatan
yaitu 76,00. Peningkatan proses pembelajaran menulis dengan menggunakan
media video
Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu guru hendaknya
menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan dengan memanfaatkan
media elektronik dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan
menggunakan media untuk menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa.


Ketersediaan
SB00401SKKI 410 RIZ p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 410 RIZ p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan dan Satra Indonesia Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
xi, 47hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Peningkatan menulis
Skripsi
Media Audio-Visual
pendidikan dan sastra indonesia
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik