Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Wagir’
Pembelajaran keterampilan menulis adalah suatu keterampilan berbahasa
yang digunakan sebagai alat komunikasi tidak langsung dan suatu cara dalam
mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam tulisan. Pada kenyataannya
keterampilan menulis menjadi salah satu kesulitan siswa saat pembelajaran
selain keterampilan berbicara. Dengan bertitik tolak pada uraian tersebut, penulis
melakukan penelitian yang berkaitan pada keterampilan menulis dengan judul
“Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Media Video
pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wagir”. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa menggunakan
media video.
Jenis penelitian ini adalah penelitia tindakan kelas. Teknik yang digunakan
mengumpulkan data, yaitu teknik tes dan teknik non tes. Data proses penelitian
dianalisis dengan teknik deskripstif kualitatif, sedangkan data hasil pembelajaran
dianalisis dengan teknik dekriptif kuantitatif. Data penelitian ini adalah data
proses pembelajaran dan data hasil pembelajaran. Sumber data penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Wagir.
Hasil pembelajaran dengan memperhatikan lima aspek dalam menulis,
yaitu isi, organisasi, kosa kata, penggunaan bahasa, mekanik. Pada indikator
KD 4.10 siswa mampu menuliskan teks eksplanasi. Rata-rata nilai siswa secara
keseluruhan pada siklus I sebesar 73,38, pada siklus II menunjukkan peningkatan
yaitu 76,00. Peningkatan proses pembelajaran menulis dengan menggunakan
media video
Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu guru hendaknya
menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan dengan memanfaatkan
media elektronik dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan
menggunakan media untuk menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa.
| SB00401S | KKI 410 RIZ p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain