Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar
Video animasi berbasis gambar seri adalah salah satu media yang
digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Penyebab kurang
menariknya media pembelajaran mengakibatkan pembelajaran kurang sesuai
dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) untuk mengetahui
kelayakan media video animasi berbasis gambar seri dalam meningkatkan
kemampuan menulis karangan narasi siswa sekolah dasar, 2) untuk mengetahui
kepraktisan media video animasi dalam meningkatkan kemampuan menulis
karangan narasi siswa sekolah dasar, 3) untuk mengetahui bagaimana keefektifan
dalam penggunaan video animasi berbasis gambar seri dalam meningkatkan
kemampuan menulis karangan narasi siswa sekolah dasar
Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan
mengadaptasi model ADDIE dengan lima tahap yakni : (Analysis, Design,
Development, Implentation, Evaluation). Subjek uji coba adalah siswa kelas v
SDN Bakalan Krajan 2 Kota Malang. Instrumen yang digunakan lembar validasi
ahli media, lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli bahasa, angket
guru dan kemudian diujicobakan kepada siswa kelas v berjumlah 10 orang.
Berdasarkan hasil penelitian media video animasi berbasis gambar seri, di SDN
Bakalan Krajan 2 dinyatakan layak dengan menggunakan angket validasi
dilakukan oleh validasi ahli media 93% dengan kriteria “Layak” dari validator ahli
Bahasa 93% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian oleh calon pengguna
(Guru) mendapat presentase 84%. Penilaian hasil respon siswa pada uji coba
lapangan terbatas mendapat presentase 93%. Berdasarkan paparan hasil penelitian
diatas, video animasi diategorikan “Layak” atau “Sangat baik” digunakan
dilapangan. Media video animasi juga dinyatakan efektif setelah dilakukan tes
dalam menulis karangan narasi siswa dan melalui tes uji coba lapangan, dengan
perolehan skor pretest 39,2 dan posttest 97,8 dengan N- gain ≥ 70. Hasil tes uji
lapangan dengan perhitungan gain standar menunjukkan selisih antara pretest dan
post-test termasuk dalam kategori sedang. Maka dapat dikatakan adanya adanya
perbedaan data hasil menulis karangan siswa sebelum dan sesudah menggunakan
media video animasi berbasis gambar seri.
| SB00396S | KKI 372 BUL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain