Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching
Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Di SDN
Lowokwaru 2 Malang

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Di SDN Lowokwaru 2 Malang

Reda Chusnul Budismania - Nama Orang; Nyamik Sesanti Rahayu, Mpd - Nama Orang; Denna Delawnati C., M.Pd. - Nama Orang;

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas II SDN
Lowokwaru 2 Malang dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Tematik siswa yang rendah dan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL)
dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Tematik pada siswa kelas II SDN
Lowokwaru 2 Malang.
Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart
yang terdiri dari empat komponen meliputi : perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN
Lowokwaru 2 Malang dengan jumlah 28 siswa. Instrumen pengumpulan data
menggunakan soal tes tertulis dalam bentuk essay untuk mengetahui hasil belajar
siswa, pedoman observasi serta wawancara. Teknik analisis data menggunakan
teknik kuantitatif dan kualitatif.
Penerapan pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) mampu
menunjukkan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan efektif karenanya dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Pada pra-tindakan nilai rata-rata kelas 74 sedangkan persentase ketuntasannya adalah 64,2%. Pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata rata yakni menjadi 91,57 sementara persentase ketuntasannya
meningkat menjadi 85,71%. Pada Siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa
menjadi 93,42, dengan pesentasi ketuntasannya 92,85%. Dari hasil pengujian dapat
disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Contextual Teaching Learning
(CTL) untuk siswa sekolah dasar dapat dikatakan berhasil meningkatkan hasil
belajar siswa pada pelajaran Tematik.


Ketersediaan
SB00388SKKI 372 BUD p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 BUD p/s
Penerbit
Malang : Program Studi PGSD Unikama., 2023
Deskripsi Fisik
xiii, 103hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
PGSD
Hasil belajar
Skripsi
Contextual Teaching Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik