Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Di SDN Lowokwaru 2 Malang
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas II SDN
Lowokwaru 2 Malang dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Tematik siswa yang rendah dan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL)
dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Tematik pada siswa kelas II SDN
Lowokwaru 2 Malang.
Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart
yang terdiri dari empat komponen meliputi : perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN
Lowokwaru 2 Malang dengan jumlah 28 siswa. Instrumen pengumpulan data
menggunakan soal tes tertulis dalam bentuk essay untuk mengetahui hasil belajar
siswa, pedoman observasi serta wawancara. Teknik analisis data menggunakan
teknik kuantitatif dan kualitatif.
Penerapan pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) mampu
menunjukkan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan efektif karenanya dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Pada pra-tindakan nilai rata-rata kelas 74 sedangkan persentase ketuntasannya adalah 64,2%. Pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata rata yakni menjadi 91,57 sementara persentase ketuntasannya
meningkat menjadi 85,71%. Pada Siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa
menjadi 93,42, dengan pesentasi ketuntasannya 92,85%. Dari hasil pengujian dapat
disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Contextual Teaching Learning
(CTL) untuk siswa sekolah dasar dapat dikatakan berhasil meningkatkan hasil
belajar siswa pada pelajaran Tematik.
| SB00388S | KKI 372 BUD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain