Electronic Resource
Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Klasifikasi Tingkat Kepuasan Konsumen Berdasarkan Kualitas Barang
Tingginya tingkat persaingan toko elektronik saat ini menuntut pihak Toko
Cahaya Komputer untuk lebih berinofasi memasarkan produk guna dapat
memahami selera konsumen. Klasifikasi Tingkat Kepuasan Konsumen
Berdasarkan Kualitas Barang guna untuk mengetahui sebgaimana konsumen
merasa puas terhadap laptop yang sudah dibeli dari toko flobamora melalui
penyebaran kuisoner kepada konsumen flobamora. Klasifikasi dilakuan atas dasar
hasil penyebaran kuisoner kepada konsumen flobamora. Pada penelitian ini
digunakan algoritma C4.5 untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen Pada
Laptop Yang sudah di beli konsumen pada Toko Flobamora. Penelitian ini
bertujuan untuk menerapkan algoritma C4.5 dalam klasifikasi tingkat kepuasan
konsumen berdasarkan kualitas barang. Studi kasus dilakukan pada toko
Flobamora, sebuah toko retail yang menjual barang elektronik yang salah satunya
Laptop. Data dikumpulkan dari hasil kuisoner kepuasan konsumen Flobamora,
yang meliputi informasi tentang tingkat kepuasan konsumen dan atribut-atribut
yang berkaitan dengan Kepuasan Konsumen. Algoritma C4.5 diimplementasikan
untuk membangun pohon keputusan yang dapat mengklasifikasikan tingkat
kepuasan konsumen. Dari keputusan pada proses ini didapatkan hasil accuracy
sebesar 57%, precision sebesar 63% ,dan recall sebesar 66%. Kepuasan
Konsumen sangatlah terpengaruh dalam persaingan toko dan pasar dalam bisnis
| SB00383S | KKI 001.6 JEH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain