Electronic Resource
Revitalisasi Pembangunan Karakter Melalui Habituasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Peserta Didik Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Kalipuro, Kabupaten Mojokerto
Karakter merupakan bawaan seseorang di dalam tubuhnya, karakter yang
baik dapat berdampak baik terhadap lingkungan dan terwujud pada perilaku
individu. Namun pada realitanya bangsa Indonesia mengalami banyak masalah
karakter, khususnya pada lembaga-lembaga sekolah, masih banyak terdapat peserta
didik yang nilai karakternya menurun. Oleh karena itu, tenaga pendidik harus
melakukan tindakan untuk membangun karakter peserta didik, agar terciptanya
karakter yang unggul dan berkualitas.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan metodologi kualitatif dengan
metode habituasi nilai-nilai Pancasila yang dilakukan dengan teknik pengumpulan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu peneliti juga menggunakan
aplikasi Atlas.ti yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menganalisis data kualitatif
agar analisis data menjadi lebih obyektif. Peneliti berfokus untuk mengumpulkan
data di Sekolah Dasar Negeri Kalipuro, Kabupaten Mojokerto pada peserta didik
kelas V. Penelitian dilakukan selama tiga bulan yaitu dari bulan Oktober sampai
bulan Desember 2022.
Revitalisasi pembangunan karakter yaitu suatu bentuk upaya sekolah
menanam nilai-nilai karakter yang baik pada peserta didik. Revitalisasi
pembangunan karakter di SDN Kalipuro, Kabupaten Mojokerto yaitu melalui
kegiatan habituasi nilai-nilai Pancasila yang dilakukan setiap hari di sekolah.
Habituasi tersebut meliputi menghafal juz amma, gerakan menggunakan bahasa
jawa karma alus, melakukan kerja bakti setiap hari Jum’at, melakukan belajar kerja
kelompok di kelas, melakukan pemilihan ketua kelas dengan adil dan masih banyak
lagi kegiatan habituasi lainnya. Untuk mewujudkan revitalisasi karakter melalui
habituasi nilai-nila Pancasila di SDN Kalipuro yaitu dengan cara guru menjadi suri
tauladan yang baik, memberikan apresiasi atau penghargaan kepada peserta didik
yang nilai karakternya baik, menyelipkan pesan moral ketika mengajar, berbagi
pengelaman inspiratif kepada peserta didik, dan terakhir mengadakan kegiatan
penyuluhan dengan materi pendidikan karakter setiap hari Jumat.
Bentuk revitalisasi pembangunan karakter melalui habituasi nilai-nilai
Pancasila di SDN Kalipuro perlu direvitalisasi kembali oleh peneliti, meliputi
menghafal juz amma beserta terjemahannya, gerakan berbicara menggunakan
bahasa jawa karma alus setiap hari rabu agar lebih makasimal, mengadakan
kegiatan kerja bakti setiap hari Jumat yang dibentuk tim secara heterogen,
melakukan kegiatan kerja kelompok di kelas yang dibentuk tim secara acak oleh
guru serta menghasilkan laporan lembar kerja, pemilihan ketua kelas dengan cara
empat tahapan yaitu pendaftaran, memberikan pertanyaan ketua kelas yang
diharapkan kepada peserta didik, penyampaian visi misi, serta dapat mengambil
pelajaran menarik dari kegiatan pemilihan ketua kelas.
| SB00381S | KKI 371.114 FIT r/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain