Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Nasional Malang Tahun Ajaran 2024/2025
Pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw adalah salah satu
pembelajaran melalui penggunaan kelompok kecil siswa yang bekerja sama dalam
memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran, siswa menjadi
anggota dari 2 kelompok yaitu kelompok asal dan ahli.penelitian ini bertujuan (1) untuk
mengetahui kualitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIC SMP Nasional Malang (2) Untuk
mengetahui peningkatkan prestasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Nasional Malang kelas
VIIC tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 32 siswa.berdasarkan analisis penelitian
hasil keterlaksanakan pembelajaran pada siklus I 94,7% berada pada kualifikasi sangat
baik dan pada siklus II 98% berada pada kualifikasi sangat baik. Dari data persentasi
keterlaksanakan pembelajaran dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatkan.Model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, ini
dilihat dari prestasi belajar siswa rata-rata pada siklus I adalah 76,6 berada pada
kualifikasi sangat baik sedangkan pada siklus II 83,8 beradapada kualifikasi baik.
Dilihat dari persentasi ketuntasan belajar pada siklus I 78,1% dan siklus II 84,4%
mengalami peningkatkan.sberdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
penelitian model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas VIIC SMP Nasional Malang
| SB00374S | KKI 530 PAU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain