Electronic Resource
Analisi Literasi Numerasi Pada Materi Bilangan Berdasarkan Gaya Belajar Siswa kelas IV SDN Wonokerso 2
Literasi Numerasi merupakan suatu proses pembelajaran untuk mengukur
kemampuan siswa dalam menggunakan penalaran. Penalaran berarti menganalisis
dan memahami suatu pernyataan, melalui aktivitas dalam melibatkan symbol atau
bahasa matematika yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, dan juga dapat
mengungkapkan pernyataan tersebut melalui tulisan maupun lisan. Analisis literasi
numerasi siswa berdasarkan gaya belajar pada materi bilangan sangat penting agar
guru dapat mengetahui perkembangan belajar siswa terhadap literasi numerasi
siswa berdasarkan gaya belajar setelah dilakukan tes, wawancara dan observasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi
siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bilangan di SDN
Wonokerso 2 Kabupaten Malang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam
penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Wonokerso 2 dengan banyak siswa sebanyak
6 siswa. Teknik pengumpulan data salam penelitian ini berupa tes, wawancara dan
observasi. Analisis data dilakukan berdasarkan hasil tes, wawancara dan observasi
yang mengacu pada indikator literasi numerasi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan literasi
numerasi berdasarkan gaya belajar visual sebanyak 2 siswa, kategori gaya belajar
auditori 2 siswa dan kategori gaya belajar kinestetik 2 siswa. Siswa dalam kategori
gaya belajar visual tergolong belum mampu memahami soal cerita yang diberikan
sehinggan subjek dalam mengerjakan dan menjawab soal kurang tepat. Siswa
dalam kategori gaya belajar auditori tergolong mampu memahami soal cerita yang
diberikan sehingga subjek dalam mengerjakan dan menjawab soal sudah benar dan
teratur sesuai cara yang digunakan. Siswa dalam kategori gaya belajar kinestetik
| SB00372S | KKI 372 NIS a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain