Electronic Resource
Pengembangan Media Papan Pintar Angka (PAPINKA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Kelompok A Di TK Al Hidayah Lawang
Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan yaitu masih terdapat
kekurangan tingkat pencapaian perkembangan anak dalam mengenal lambang
bilangan yang dapat dilihat dari kemampuan anak yang dapat menyebutkan angka
dari 1 sampai 10 secara urut tetapi tidak bisa mengenal angka tersebut. Oleh
karena itu perlu adanya stimulasi dalam meningkatkan kognitif anak kelompok A.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R&D) yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono
Berdasarkan semua hasil tinjauan dari ahli pembelajaran anak usia dini,
ahli materi dan ahli media pembelajaran anak usia dini memperoleh persentase
80% - 100% tergolong dalam kategori baik.
Hasil analisis menunjukan terjadi peningkatan kemampuan kognitif
melalui media papinka, hal ini dapat dilihat dari hasil uji coba awal sampai hasil
uji coba operasional melalui kegiatan pembelajaran antara lain, membilang
banyak benda 42,3 % menjadi 90,4%, mengenal konsep bilangan 40,38%
menjadi 86,5% dan mengenal lambang bilangan 44,2% menjadi 90,4%.
Disimpulkan bahwa media papan pintar angka (papinka) layak sebagai
salah satu cara untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak pada kelompok A
melalui kegiatan membilang banyak benda, mengenal konsep bilangan, dan
mengenal lambang bilangan.
| SB00370S | KKI 372 IYA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain