Electronic Resource
Implementasi Aungmented Reality Markerless User Defined Target pada Enhance Learning: Internet of Things
Augmented Reality merupakan penggabungan antara benda virtual dan nyata secara alami melalui sebuah proses komputeristik merupakan media yang sangat cocok dalam pengembangan pembelajaran berbasis teknologi. Salah satu pengembangan pembelajaran Augmented Reality dapat di implementasikan dalam pembelajaran Internet of thing melaui objek rangkaian dan komponen IoT. Tujuan penelitian ini yaitu Mengimplementasikan augmented reality untuk meningkatkan pembelajaran internet of things yang akan di implementasikan dalam bentuk 3D dan pengimplementasian perancangan IoT, dan ntuk membantu mahasiswa dalam memahami fungsi komponen serta pengunaan komponen dan dapat mengimplementasiakan dalam materi. Metode yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang meliputi 1) pengonsepan, 2) perancangan, 3) pengumpulan bahan, 4) pembuatan, 5) pengujian, dan 6) pendistribusian. Hasil dari perancangan berupa aplikasi Aungmented Reality Markerless User Defined Target 3D komponen IoT berbasis Android. Model 3D dibuat dengan Blender 3D dan user interface menggunakan Unity 3D. Penelitian menghasilkan peningkatan hasil belajar melalui soal menggunakan indeks gain tes rata-rata sebesar 0,6 dengan kriteria sedang dan User Acceptance Test (UAT) dengan rata-rata sebesar 93%, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi telah sesuai dengan perancangan yang dibuat dan aplikasi efektif meningkatkan hasil belajar sesuai dengan penerapan media pembelajaran yang diberikan
| SB00369S | KKI 001.6 ARI i/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain