Electronic Resource
Peran Guru Ppkn Terhadap Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Cooperative Learning Di Kelas VIII D SMPN 17 Kota Malang,
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena ingin mengetahui
permasalahan yang ada dan yang bersifat sosial baik individu maupun kelompok,
teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara dan
dokumentasi, sumber data yang didapatkan selama penelitian ini adalah kepala
sekolah, wakamad kesiswaan, guru ppkn, dan beberapa siswa di SMP Negeri 17
Kota Malang, Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 17 Kota Malang Jl.
Tanjung priok 170, kelurahan bakalan krajan, kecamatan sukun kota malang,
provinsi jawa timur 65148, sumber data sumber data yang terdapat penelitian ini
terdapat dua macam yakni data primer dan juga data skunder, proses dalam
pengunpulan data terdiri dari observasi, wawancara dalam teknik wawancara
dapat digunakan secara terstruktur ataupun tidak terstruktur dan dokumentasi,
dalam penelitian kualitatif ada tiga tahap yang dipakai dalam menganalisis data
yaitu redukasi data, penyajian data /display, penarikan kesimpulan /verifikasi,
pengecekan keabsahan data yaitu teknik triangulasi. Sedangkan tahap-tahap
penelitian ada empat yakni tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan,
berperan serta sambil mengumpulkan data, tahap analisis data.
Tujuan penelitian ini adalah Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui peran
guru ppkn terhadap implemtasi nilai-nilai pancasila di SMPN 17 Kota Malang, (2)
Untuk mendeskripsikan Nilai-Nilai Pancasila, (3) Untuk mengetahui cara
pelaksanaan Nilai-Nilai pancasila melalui Cooperative Learning di SMPN 17
Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa peran guru
selain sebagai pemberi materi atau ilmu disini juga guru berperan untuk
memberikan perhatian, memberikan penghargaan, dan nasihat kepada siswa-siswi
yang kurang disiplin atau kurang termotivasi dalam suatu pembelajaran.
Bagi peneliti selanjutnya terkait tentang peran guru Ppkn terhadap
implementasi nilai-nilai pancasila, disarankan agar dapat lebih memperhatikan
peran seorang guru Ppkn terhadap implementasi nilai-nilai paancasila. dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa/siswi dan memilih model pembelajaran yang
bisa membangkitkan semnagat siswa/siswi dengan menyesuaikan sarana dan
prasarana yang ada sehinggah masalah-masalah yang ada dalam penelitian ini
tidak berkelanjutan.
| SB00364S | KKI 371.114 NUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain