Electronic Resource
Analisis proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SDN 1 Sukun Malang
Penanaman pendidikan karakter merupakan salah satu ciri khas dari
kurikulum merdeka. Penanaman pendidikan karakter dilakukan melalui P5 yang
merupakan kepanjangan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. P5
berbentuk pengamatan dan pemecahan masalah lingkungan sekitar melalui
pembelajaran lintas disiplin. P5 menggunakan pembelajaran berbasis proyek atau
PjBL sebagai pendekatannya. Akan tetapi, pendekatan P5 berbeda dengan proyek
yang diintegrasikan pada mata pelajaran di sekolah seperti biasanya. Oleh sebab
itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi serta
kendala pelaksanaan P5 di SDN 1 Sukun Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu berupa
sebuah penelitian yang bersifat mendeskripsikan sebuah kata-kata dalam bentuk
tulisan yang diperoleh atau hasil pengamatan di lapangan. Metode kualitatif
digunakan, karena masalah yang belum jelas, kompleks dan bermakna. Dengan
demikian penelitian kualitatif akan menggambarkan suatu objek penelitian yang
belum jelas dan bermakna secara sistematis. Pengumpulan data dapat dilakukan
dengan latar ilmiah (natural setting) atau sebuah kondisi yang alami dengan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
yang digunakan adalah triangulasi sumber.
Hasil penelitian menyatakan bahwa ekosistem sekolah menunjang
pengimplementasian P5. Desain proyek penguatan profil pelajar Pancasila
menyesuaikan keadaan lingkungan sekolah. Sedangkan pengelolaan dan hasil
evaluasi menyesuaikan buku panduan proyek penguatan profil pelajar Pancasila.
Berikut adalah beberapa kendala dalam pengimplementasian P5.
Pertama, kesulitan mencari tema proyek yang sesuai. Kedua, kesulitan
bekerjasama lintas sektor. Kegiatan P5 melibatkan stakeholder lainnya.
Sayangnya pada saat harus bekerjasama dengan stakeholder lintas sekolah,
biasanya guru dan sekolah mengalami kendala Ketiga, pesatnya arus globalisasi.
Interaksi erat yang dilakukan oleh siswa terhadap sosial media kerap kali
berdampak terbawanya nilai di luar karakteristik bangsa. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, maka diperoleh kesimpulan yakni pengimplementasian P5 di
SDN 1 Sukun berjalan dengan baik.
| SB00357S | KKI 372 PUT a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain