Electronic Resource
Pengembangan Inventori Manajemen Stres Bagi Siswa SMP Negeri di Kota Malang
Manajemen stres merupakan suatu usaha atau kemampuan seseorang dalam mengelola stres yang dirasakannya sehingga menjadi lebih baik. Selain itu di dalam penelitian ini indikator menurut Damayanti dalam manajemen stres adalah sebagai berikut : (1) penerimaan diri ( Self-Acceptance ), (2) hubungan positif dengan sesama (Positive Relations With Others), (3) otonomi (Autonomy), (4) penguasaan terhadap lingkungan (Environmental Mastery), (5) tujuan hidup (Purpose in Life), (6) pertumbuhan pribadi (Personal Growth). Tujuan penelitian untuk mengukur seberapa besar tingkat manajemen stres setiap siswa yang memiliki validitas dan reabilitas yang baik.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada teori Borg and Gall, penggunaan dalam penelitian ini terdiri dari 7 bagian di antaranya : (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan menentukan tujuan, (3) mengembangkan inventori, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) Penyempurnaan produk akhir. Subjek uji lapangan awal adalah ahli Bimbingan dan Konseling, Psikologi, dan ahli Bahasa Indonesia. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu skala manajemen stres dan skala penilaian instrumen manajemen stres untuk menilai kualitas skala oleh ahli Bimbingan dan Konseling, Psikologi, dan Bahasa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas.
Hasil uji coba produk menghasilkan inventori manajemen stress untuk siswa SMP di Kota Malang yang terdiri dari 42 item pernyataan dinyatakan valid dan memiliki koefisien reliablititas 0,941 yang berarti bahwa inventori yang dikembangkan memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi.
| SB00348S | KKI 371.4 LET p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain