Electronic Resource
Pengembangan Ensiklopedia Tari Daerah Jawa Timur Berbasis Anyflip Untuk Sekolah Dasar
Ensiklopedia berbasis anyflip sebuah aplikasi yang dirancang untuk
membantu guru membuat ensiklopedia yang cocok untuk desktop dan mobile
yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang
menarik dalam buku digital menjelaskan atau mendeskripsikan suatu hal atau
konsep secara mendalam yang tersusun berdasarkan abjad. Ensiklopedia ini
diharapkan pengetahuan anak mengenai tari tradisional akan bertambah, sehingga
diharapkan mampu menjaga dan melestarikan tari tradisional tersebut. Tujuan dari
penelitian ini adalah Untuk mengetahui kelayakan,kepraktisan dan keefektifan
pengembangan ensiklopedia tari daerah jawa timur berbasis anyflip.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D
yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan
(development). Pada tahap define dilakukan analisis ujung depan, analisis siswa,
analisis konsep.Pada tahap design dilakukan penyusunan standar tes, pemilihan
media, pemilihan format, dan rancangan awal. Pada tahap development dilakukan
validasi ahli dan uji coba pengembangan dan pada tahap disseminate tahap
penyebaran yang dilaksanakan di kelas IV SDN Purwoharjo Kecamatan
Ampelgading penyebaranya melalui web
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji kelayakan memiliki presentase
89,47% pada ahli materi, 83,33% pada ahli media, dan pada ahli bahasa 75%. Uji
kepraktisan guru memiliki presentase 85 % sedangkan uji kepraktisan siswa
memiliki presentase 79,72 %. Media anyflip dinyatakan efektif karena ada
kenaikan nilai siswa. Sebelum menggunakan bahan ajar rata-rata nilai siswa
sebesar 79 dan mengalami kenaikan setelah menggunakan bahan ajar sebesar 94
dari sini dapat disimpulkan bahwa saat proses belajar dengan penggunaan media
belajar mengalami kenaikan dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar
lebih efektif daripada proses pembelajaran yang tidak menggunakan bahan ajar.
| SB00347S | KKI 372 MAY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain