Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Prezi Pada Pembelajaran IPA Kelas V Di SDN Kalipang 01
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi yang menunjukkan
bahwa guru mengajarkan materi dengan media pembelajaran yang kurang
bervariasi. Hal ini membuat siswa hanya membayangkan sesuai dengan
penjelasan yang diberikan oleh guru. Sehingga perlunya media pembelajaran yang
inovatif dan kreatif untuk membantu siswa dalam memahami materi. Adapun
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentang
Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Prezi Pada
Pembelajaran IPA Kelas V di SDN Kalipang 01.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Adapun
model penelitian pengembangan ini menggunakan ADDIE (Analysis,
Development, Design, Implementation, and Evaluate). Subjek yang akan di uji
cobakan adalah siswa kelas 5 SDN Kalipang 01. Jenis data dalam penelitian ini
dibagi menjadi dua, yaitu data verbal dan data nonverbal. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah analisis data
kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan
data dengan menggunakan angket, observasi dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran
menggunakan software Prezi pada pembelajaran IPA kelas V Di SDN Kalipang
01 dan telah dilakukan uji validasi kepada beberapa validator maka produk prezi
ini dinyatakan layak dengan hasil presentase ahli media 86%, ahli materi 96%,
ahli bahasa 97%, efektif dengan skor rata-rata siswa 80,7, dan praktis dengan hasil
presentase guru 99% dan siswa 96%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
media prezi layak, efektif dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran
terutama pada materi Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 1 Benda
Tunggal dan Campuran Kelas 5.
| SB00334S | KKI 372 TAS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain