Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Sistem Tata Surya Dalam Pembelajaran IPA Di SD Negeri 01 Sawahan
Pembelajaran IPA terutama pada materi sistem tata surya umumnya
menggunakan metode ceramah atau bergantung pada buku tematik. Keterbatasan
guru dalam memanfaatkan media dalam pembelajaran IPA membuat siswa
kesulitan dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan
produk media pembelajaran Sparkol VideoScribe berbasis Contextual Teaching
and Learning (CTL) yang valid dan praktis pada materi sistem tata surya dalam
pembelajaran IPA di SD Negeri 01 Sawahan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau
Research & Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yaitu
model ADDIE terdiri dari beberapa tahap pengembangan yaitu: tahap analisis
(Analysis), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development),
tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation). Dari
tahapan tersebut peneliti hanya menggunakan sampai tahap keempat, karena
tujuan penelitian ini hanya pengembangan media, kelayakan, dan kepraktisan
penggunaan media. Untuk teknik pengambilan data yaitu kuantitatif dan kualitatif.
Subjek penelitian ini siswa kelas VI di SD Negeri 01 Sawahan dengan berjumlah
10 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket lembar validasi ahli media,
ahli materi, ahli bahasa, angket guru dan siswa kelas VI SD Negeri 01 Sawahan.
Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran Sparkol VideoScribe
berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi sistem tata surya
dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 01 Sawahan. Media pembelajaran Sparkol
VideoScribe berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) memenuhi
kriteria : a) uji kelayakan memperoleh kategori “sangat layak” dengan perolehan
persentase oleh ahli media 94,44%, ahli materi 93,05%, dan ahli bahasa 94,64%, ;
b) uji kepraktisan memperoleh kategori “sangat praktis” dengan hasil penilaian
angket guru 100% dan hasil penilaian angket siswa 95,58%. Peneliti berharap dari
hasil penelitian ini dapat bermanfaat dalam memberikan sarana pembelajaran baru
bagi guru dan bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai acuan untuk penelitian
selanjutnya sehingga dapat menggali informasi data terkait pengembangan produk
ini.
| SB00319S | KKI 372 AYU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain