Electronic Resource
Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022).
perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Leverage diukur dengan
Debt to equity ratio (DER), ukuran perusahaan menggunakan Ln total aset,
profitabilitas diukur menggunakan Return on Asset (ROA) dan nilai perusahaan
diukur menggunakan Price Book Value (PBV). Jenis penelitian ini adalah
menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 30 perusahaan
makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-
2022. Teknik pengambilan sampel adalah metode purposive sampling, sehingga
diperoleh sebanyak 19 perusahaan makanan dan minuman yang telah memenuhi
kriteria-kriteria yang telah ditetapkan dengan jumlah data yang digunakan sebanyak
30 data. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa annual report
yang diperoleh dari www.idx.co.id ataupun dari Galeri Investasi Bursa Efek
Indonesia Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Dalam penelitian ini, teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan
menggunakan aplikasi/software SPSS (Statistical Package for Social Science).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Leverage, Ukuran Perusahaan dan
Profitabilitas secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap nilai
perusahaan. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa Leverage berpengaruh
terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh
terhadap nilai perusahan.
| SB00314S | KKI 658 MOL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain