Electronic Resource
Pengembangan E-modul CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbasis Kahoot Pada Mata Pelajaran IPA Materi Hemat Energi dan Energi Alternatif Untuk Menumbuhkan Berfikir Kritis
Perkembangan tekhnologi sangat dibutuhkan untuk memajukan bangsa
terutama dalam bidang pendidikan. Lemahnya pendidikan saat ini dibuktikan dari
kurangnya inovasi pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Kegiatan
pembelajaran juga dibutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar
tujuan pembelajaran mudah tercapai. Bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan
siswa dengan memanfaatkan tekhnologi yaitu dengan bahan ajar berupa e-modul
yang bisa diakses oleh siswa sebagai sarana belajar siswa. E-modul CTL
(Contextual Teaching and Learning) ini dikombinasikan dengan e-evaluation
berbasis kahoot pada materi hemat energi dan energi alternatif. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan produk berupa e-modul CTL (Contextual
Teaching and Learning) berbasis kahoot pada mata pelajaran IPA materi hemat
energi. Prinsip CTL (Contextual Teaching and Learning) dikembangkan dalam e
modul sedangkan keterampilan berfikir kritis dikembangkan pada soal evaluasi
pembelajaran menggunakan website kahoot.
Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE. Prosedur
penelitian ini meliputi tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap
implementasi dan tahap evaluasi. Uji coba produk penelitian ini berupa uji
kelayakan, uji kepraktisan dan uji keefektifan e-modul CTL(Contextual Teaching
and Learning) berbasis kahoot. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah dosen
ahli bahasa, ahli isi, ahli desain, guru dan siswa. Instrumen pengumpulan data
dalam penelitian ini meliputi angket uji kelayakan yang diberikan kepada validator
serta angket uji kepraktisan yang diberikan kepada guru dan siswa, dokumentasi
sebagai bukti dari hasil penelitian dan tes untuk menguji keefektifan e-modul.
Tekhnik analisis data dalam penelitian ini berupa analisis kelayakan oleh 3
validator, analisis kepraktisan oleh siswa dan guru serta analisis keefektifan berupa
soal evaluasi pembelajaran untuk mengukur keefektifan e-modul.
Hasil rata-rata presentase e-modul CTL (Contextual Teaching and
Learning) berbasis kahoot adalah 84 % dengan kategori sangat valid. Hal tersebut
menunjukkan bahwa e-modul tersebut sangat valid berdasarkan keseluruhan
penilaian e-modul oleh validator. Presentase kepraktisan oleh penilaian siswa dan
guru di SD Negeri sukun 1 kota malang pada e-modul CTL (Contextual Teaching
and Learning) berbasis kahoot adalah 94 %. Dengan kategori sangat praktis.
Presentase keefektifan e-modul memperoleh 84 % dengan kategori sangat efektif.
| SB00311S | KKI 372 HUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain