Electronic Resource
Efektivitas Penggunaan Media Lagu Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa Materi Siklus Hidrologi Pembelajaran IPA Kelas 5 SDN Permanu 03
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentang
efektivitas penggunaan media lagu untuk meningkatkan daya ingat siswa pada
materi siklus hidrologi pembelajaran IPA kelas 5 SDN Permanu 03. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimen sedangkan metode yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Subjek uji coba pada penelitian ini
adalah siswa kelas V SDN Permanu 03. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa
SDN Permanu 03 dengan sampel kelas VA dan VB.. Pada penelitian ini, peneliti
membagi kelompok penelitian menjadi dua, yaitu kelompok pertama adalah
kelompok eksperimen kelas VA yaitu kelompok yang diberi pembelajaran dengan
menggunakan lagu sedangkan kelompok kedua adalah kelompok kontrol Kelas VB
yang diberi pembelajaran konvensional.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen
perlakuan berupa RPP dan instrumen pengukuran berupa pre test dan post test.
Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa pengamatan,
dokumen, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu kuantitatif
menggunakan statistik. Hasil uji hipotesis penggunaan media lagu pada materi
siklus hidrologi pembelajaran IPA kelas V dengan berdasarkan pada nilai Equal
Variances Not Assumed menunjukkan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000. Karena nilai
sig (2-tailed) kurang dari 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak dan dinyatakan
reliabel. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media lagu efektif
digunakan untuk meningkatkan daya ingat peserta didik.
| SB00293S | KKI 372 PUT. e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain