Electronic Resource
Pengembangan Media Kartu Kuartet Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita Persatuan Benjor Tumpang Kabupaten Malang
Penelitian ini berangkat dari masalah rendahnya penguasaan kosakata anak,
kurangnya keanekaragaman media pada pembelajaran, serta minimnya keterlibatan
anak ketika proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media
kartu kuartet yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi anak-anak
kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Benjor, Kecamatan Tumpang.
Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (research and
development) berdasarkan model Borg and Gall. Subjek penelitian terdiri dari 22
anak di Kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Benjor, Kecamatan
Tumpang, Kabupaten Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar
observasi, angket, dan pedoman wawancara, yang kemudian dianalisis dengan
teknik deskriptif kuantitatif persentase. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan
kategori layak (82,5%), sedangkan ahli media menilai sangat layak (92%). Uji coba
lapangan awal mendapatkan kategori layak (84,37%), uji coba lapangan utama dan
operasional masing-masing menunjukkan kategori sangat layak (85,93%). Hasil
penelitian mengindikasikan bahwa media kartu kuartet untuk meningkatkan kosa
kata anak Kelompok B telah divalidasi oleh para ahli dan dinyatakan layak diuji
coba. Oleh karena itu, disarankan agar kepala TK menyediakan kartu kuartet
sebagai alat pembelajaran, dan guru dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan
kosakata anak melalui permainan. Pengembang juga disarankan untuk membuat
kartu kuartet dengan berbagai tema
| SB00290S | KKI 372 KHO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain