Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Vanibi (Video Animasi Dengan Tema Binatang) Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Pada Anak Kelompok B Di TK Muslimat NU 15 Al Ikhlas Bululawang
Minat Belajar besar pengaruhnya dan memiliki hubungan terhadap proses
juga hasil belajar. Apabila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan
minat siswa, siswa tidak akan belajar dengan sungguh-sungguh, karena tidak ada
daya tarik baginya.Bahan pelajaran dan mrdia yang menarik minat siswa, lebih
mudah dipelajari dan disimpan, karena minat pada dasarnya dapat menumbuhkan
aktivitas belajar siswa. Sesuai dengan Indikator minat belajar yang terdiri dari
perasaan senang, keterlibatan siswa, keterterikan , dan perhatian siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengembangan media pembelajaran
vanibi dapat menumbuhkan minat belajar anak kelompok B di TKM NU 15 AL
IKHLAS.
Metode penelitain ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan
kuantitatif yaitu R&D dari Borg & Gall dengan subyek penelitian peserta didik TK
Muslimat NU 15 Al Ikhlas Bululawang, instrument pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket
Hasil validasi dari ahli materi dengan persentase 80,76% dan ahli media
dengan persentase 94,44% telah dicapai termasuk kriteria valid dan layak untuk
digunakan. Media Pembelajaran Vanibi (Video Animasi tema Binatang) untuk
menumbuhkan minat belajar siswa yang dikembangkan dapat dikatakan valid,
kreatif dan inovatif sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.
Kesimpulan dari media pembelajaran vanibi sangat layak untuk
menumbuhkan minat belajar peserta didik kelompok B di TK Muslimat NU 15 Al
Ikhlas, hal dapat dilihat dari hasil persentase validasi ahli materi mendapatkan
80,76 %, hasil persentase validasi media mendapatkan 94,44%. Untuk hasil uji
lapangan kecil mencapai 61,45%, uji lapangan luas dengan hasil 70,31% dan uji
operasional dengan mencapai 95,36%. Dari beberapa tahapan tersebut untuk media
pembelajaran vidie animasi tema binatang dinyatakan “sangat layak
| SB00288S | KKI 372 KHO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain