Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of nalisis kesalahan konsep dan prosedur siswa dalam menyelesaikan soal aljabar bentuk cerita berdasarkan teori polya di kelas  VIII SMP PGRI 6 Malang

Electronic Resource

nalisis kesalahan konsep dan prosedur siswa dalam menyelesaikan soal aljabar bentuk cerita berdasarkan teori polya di kelas VIII SMP PGRI 6 Malang

Windi Atika - Nama Orang; Drs. Djoko Adi Susilo, M.Pd - Nama Orang; Vivi Suwanti S.Si.,M.Pd. - Nama Orang;

Dalam bidang pelajaran matematika, salah satu materi yang dipelajari
adalah tentang cerita dalam bentuk aljabar. Meskipun demikian, hasil observasi
menunjukkan bahwa siswa belum memahami materi secara menyeluruh. Oleh
karena itu, sangat penting untuk mengetahui jenis kesalahan apa yang terjadi dan
sebabnya. Teori Polya digunakan untuk menganalisis kesalahan siswa. Oleh
karena itu, fokus penelitian ini adalah menentukan jenis kesalahan yang dilakukan
siswa saat menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar serta faktor penyebab
kesalahan tersebut kesalahan tersebut. Penelitian deskriptif ini menggunakan
pendekatan kualitatif. Penelitian adalah sumber utama penelitian, dan sumber
kedua adalah soal dan wawancara. Hasil tes cerita kelas menunjukkan bahwa 6
siswa dari 22 siswa berada di kelompok atas, tengah, dan bawah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan
konseptual pada tahap Polya: 1) Memahami masalah (mengetahui masalah)
sebanyak 18% dan 2) Merancang rencana penyelesaian sebanyak 16%. Kesalahan
yang dilakukan siswa pada tahap memahami masalah termasuk menanyakan
pertanyaan, menjawab pertanyaan pada tahap awal pengerjaan. Siswa tidak
memahami viriabel dan koefisien, tidak dapat mengingat dan menyatakan ulang
konsep contoh dan bukan contoh, dan tidak memahami maksud soal. Mereka juga
mungkin tidak memahami prosedur yang diperlukan untuk menyelesaikannya.
Selain itu, mereka tampaknya tersesat dan masih membutuhkan bantuan untuk
menyelesaikannya.
Pada tahap Polya, siswa melakukan kesalahan prosedural berikut: 1)
Melaksanakan rencana penyelesaian (Carrying out the plan), 2) Merancang
rencana penyelesaian (Devising a plan), dan 3) Melihat kembali (Looking back).
Pada tahap melihat kembali, siswa melakukan kesalahan dengan tidak Selain itu,
siswa tidak memiliki kemampuan untuk menuliskan model matematika. Pada
langkah melaksanakan rencana penyelesaian, siswa masih gagal menuliskan
konsep dengan benar, keliru dalam menuliskan model matematika pada soal,
keliru dalam melakukan tahap perhitungan, dan masih kurang teliti dalam
menyelesaikan soal yang diberikan. Pada langkah merancang rencana
penyelesaian, siswa gagal menuliskan rancangan penyelesaian, tidak mampu
menulis konsep dengan benar, tidak mampu menggunakan rumus yang tepat, dan
gagal menulis langkah awal pengerjaan. Siswa dapat meningkatkan kemampuan
menyelesaikan masalah matematika, terutama soal cerita, dengan berlatih
mengerjakan soal cerita dengan bahasa yang lebih komunikatif.


Ketersediaan
SB00281SKKI 510 ATI a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 ATI a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2024
Deskripsi Fisik
vii, 52hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Aljabar
Skripsi
Teory Polya
Pendidikan Matematika
Kesalahan Konsep dan Prosedur
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • nalisis kesalahan konsep dan prosedur siswa dalam menyelesaikan soal aljabar bentuk cerita berdasarkan teori polya di kelas VIII SMP PGRI 6 Malang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik