Electronic Resource
Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Kelas V B di SDN Bandungrejosari 3 Malang dengan Pendekatan Studi Kasus
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan program dari pemerintah yang dilakukan
untuk meningkatkan kemampuan membaca menulis, menyimak, dan berbicara. Gerakan
Literasi Sekolah tidak hanya dilakukan oleh peserta didik, akan tetapi juga dilakukan oleh
seluruh warga sekolah. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan program
Gerkan Literasi Sekolah (GLS) ini adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan budaya
literasi membaca dan menulis peserta didik, menjadikan sekolah sebagai rumah belajar, serta
mewadahi berbagai strategi membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan
program GLS di SDN Bandungrejosari 3 Malang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya
menggunakan studi kasus dengan instrument penelitian berupa lembar observasi, wawancara,
dan lembar dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, peserta didik kelas V
B, dan pustakawan. Teknik analisis data yang digunakan Teknik triangulasi adalah data
collection, data reduction, data display, data verification.
Hasil dari pelaksanaan Gerkan Literasi Sekolah (GLS) adalah penerapan program
GLS sudah berjalan sesuai dengan kebijakan pemerintah dan kebijakan sekolah. GLS terdapat
tiga tahapan yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Adapun
program-program yang ada di SDN Bandungrejosari 3 Malang yaitu (1) kunjungan ke
perpustakaan, (2) pembelajaran di luar kelas, (3) menghias madding, dan (4) penataan pojok
baca. Pada pelaksanaan program GLS tentunya terdapat sarana dan prasarana yang
mendukung yaitu (1) perpustakaan, (2) klinik ilmu, (3) pojok baca, (4) pondok baca, dan (5)
bahan bacaan. Strategi yang digunakan oleh guru kelas V B yaitu dengan cara membaca kritis
dan dipadukan dengan kegian apresiasi pada buku yang telah dibacanya, seperti halnya
membahas isi yang terkandung dalam buku bacaan, pesan moral, dan berdiskusi mengenai
bahasa kiasan, menciptakan lingkungan kelas yang literat, melibatkan orang tua dan
masyarakat, memperbarui buku bacaan, memberikan reward, dan melakukan kegiatan literasi
atau pembelajaran di luar kelas
| SB00276S | KKI 372 AGU i/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain