Electronic Resource
Pengembangan E-Modul PjBL Berbasis Ispring Suite Materi Energi Alternatif Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa Kelas VI Di SDN Gadang 3 Malang
Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi di SDN Gadang 3 Malang
Pada saat itu pembelajaran tentang “rangkaian listrik” dilakukan dengan ceramah
dan menggunakan lks tanpa didukung media yang lebih konkret media yang
digunakan guru terbatas sehingga kurang menarik dalam menjelaskan materi.
Sebagian siswa masih merasa kurang jelas dalam memahami materi yang ada
sehingga pesan yang disampaikan kurang maksimal, selain itu siswa kurang
memiliki gambaran nyata tentang rangkaian listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah
Mengembangan E-Modul PjBL Berbasis Ispring Suite Materi Energi Alternatif
Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa Kelas VI Di SDN Gadang 3 Malang yang
valid dan praktis.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau R&D
(Reseach And Development). Model penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yaitu 1) analysis (analisis),
2) design (desain), 3) development (pengembangan), 4) implementation
(implementasi), dan 5) evaluation (evaluasi). Dari tahapan tersebut peneliti hanya
menggunakan sampai tahap keempat, karena tujuan utama dari peneliti hanya
pengembangan media, kevalidan, dan kepraktisan penggunaan E-modul. Subjek
penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas VI SDN Gadang 3 Malang. Instrumen
pengumpulan data pada pengembangan E-Modul menggunakan angket dan
dokumentasi. Teknik analisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini menghasikan E-Modul PjBL berbasis ispring suite materi
energi alternatif mata pelajaran IPA kelas VI di SDN Gadang 3 Malang. Hasil uji
kelayakan berdasarkan validasi ahli media memperoleh presentase sebesar 97,5%.
dengan kategori “Sangat Layak”, perolehan ahli materi sebesar 92,5% dengan
kategori “Sangat Layak”, dan ahli bahasa sebesar 95,8%. dengan kategori “Sangat
Layak”. Dari hasil validasi tersebut E-Modul ini dikatakan layak karena telah
memenuhi kriteria kelayakan, sehingga media pembelajaran layak untuk diuji coba
pada guru dan siswa. Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh rata-rata
presentase sebesar 94,5% dengan kategori “Sangat Praktis”. Penilaian hasil respon
siswa pada ujicoba lapangan terbatas pada kelompok kecil mendapatkan presentase
95,1%, pada kelompok besar mendapatkan presentase 92,8% Berdasarkan paparan
hasil penelitian diatas, E-Modul dikategorikan “Sangat Praktis”. Dari hasil uji
kepraktisan tersebut, E-Modul PjBL berbasis ispring suite praktis karena mudah
digunakan oleh siswa dan menarik dalam pembelajaran, membantu siswa dalam
memahami materi.
| SB00275S | KKI 372 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain