Electronic Resource
Hubungan Dukungan Orang Tua Pada Saat Pembelajaran Blanded Learning Pada Hasil Belajar Pada Murid Kelas 2 SD Negeri 1 Kemiri Kabupaten Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua
pada hasil belajar siswa secara blanded learning kelas 2 SD Negeri 1 Kemiri
Kabupaten Malang. Dukungan orang tua adalah kesadaran akan tanggung jawab
mendidik dan membina anak secara terus menerus dengan memberikan bantuan
untu anak. Pembelajaran blended learning, yaitu perpaduan antara pembelajaran
daring (online) dan pembelajaran tatap muka (konvesional).
Penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan instrumen penelitian untuk menguji hipotesis. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian korelasi (correlational studies) karena bertujuan untuk
mengetahui ada tidaknya hubungan antar variabel. Teknik analisis data yang
peneliti lakukan yaitu statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran
dukungan orang tua terhadap hasil belajar murid kelas 2. Subjek penelitian ini
murid kelas 2 di SD Negeri 1 Kemiri Kabupaten Malang berjumlah 28 murid.
Instrumen yang digunakan angket guru, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil dari penelitian yaitu dilakukan di SD Negeri 1 Kemiri Kabupaten
Malang mengenai dukungan orang tua pada hasil belajar murid kelas 2, dapat
disimpulkan bahwa dukungan orang tua pada hasil belajar mempunyai kaitan
yang erat atau terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan orang tua
dengan hasil belajar baik berupa pemberian dukungan secara moril maupun
material dalam artian, semakin intensif dukungan orang tua pada hasil belajar
murid kelas 2, akan sebaik pula tingkat pencapaian hasil belajar disekolah. Hasil
penelitian dari data analisis korelasi product moment preason nmenunjukan
korelasi (r) sebesar 0,344. Hal ini menunjukkan adanya korelasi antara dukungan
orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas 2 SD Negeri 1 Kemiri Kabupaten
Malang bahwa dukungan orang tua terhadap hasil belajar mempunyai kaitan yang
erat atau terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan orang tua dengan
hasil belajar baik berupa pemberian dukungan secara moril maupun material
dalam artian, semakin intensif dukungan orang tua terhadap hasil belajar murid
kelas 2, akan sebaik pula tingkat pencapaian hasil belajar disekolah.
| SB00270S | KKI 372 FAT, h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain