Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas
IV SDN Sawojajar 2 Malang Pada Materi Bangun Datar

Electronic Resource

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SDN Sawojajar 2 Malang Pada Materi Bangun Datar

Agustin Indah Wijayanti - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, S.Pd, M.Pd - Nama Orang; Dr. Sri Rahayu, S.Pd., M.Pd. - Nama Orang;

Berpikir kreatif merupakan suatu proses berpikir yang menghasilkan gagasan
yang baru. Dalam proses belajar matematika juga terjadi proses berpikir kreatif,
sebab seseorang diakatakan berpikir jika orang tersebut dapat melakukan suatu
kegiatan yang menciptakan ide yang baru. Analisis berpikir kreatif siswa pada
materi bangun datar sangat penting agar guru dapat mengetahui tingkat berpikir
kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir
kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun datar di
SDN Sawojajar 2 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan jenis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV
SDN Sawojajar 2 Malang dengan jumlah siswa sebanyak 6 siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes, wawancara dan
observasi. Analisis data dilakukan berdasarkan hasil tes, wawancara, dan observasi
yang mengacu pada indikator berpikir kreatif. indikator yang digunakan ada 4 yaitu
kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Sedangkan pengecekan keabsahan
data dilakukan dengan metode tiangulasi.
Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan
berpikir kreatif dengan kategori tinggi sebanyak 2 siswa, kategori sedang sebanyak
2 siswa, dan kategori rendah sebanyak 2 orang. Siswa dalam kategori tinggi mampu
mengerjakan soal tes dengan memberikan lebih dari dua jawaban benar,
memberikan ide yang relevan dalam menyelesaikan masalah, proses perhitungan
selesai serta hasilnya benar, dan mampu mengerjakan soal dengan caranya sendiri.
Siswa dalam kategori sedang mampu menyelesaikan soal tes dengan memberikan


Ketersediaan
SB00263SKKI 372 WIJ. a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 WIJ a/s
Penerbit
Malang : Prodi PGSD Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
xix, 137hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
PGSD
Analisis
bangun datar
kemampuan berpikir kreatif
Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik