Electronic Resource
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SDN Sawojajar 2 Malang Pada Materi Bangun Datar
Berpikir kreatif merupakan suatu proses berpikir yang menghasilkan gagasan
yang baru. Dalam proses belajar matematika juga terjadi proses berpikir kreatif,
sebab seseorang diakatakan berpikir jika orang tersebut dapat melakukan suatu
kegiatan yang menciptakan ide yang baru. Analisis berpikir kreatif siswa pada
materi bangun datar sangat penting agar guru dapat mengetahui tingkat berpikir
kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir
kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun datar di
SDN Sawojajar 2 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan jenis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV
SDN Sawojajar 2 Malang dengan jumlah siswa sebanyak 6 siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes, wawancara dan
observasi. Analisis data dilakukan berdasarkan hasil tes, wawancara, dan observasi
yang mengacu pada indikator berpikir kreatif. indikator yang digunakan ada 4 yaitu
kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Sedangkan pengecekan keabsahan
data dilakukan dengan metode tiangulasi.
Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan
berpikir kreatif dengan kategori tinggi sebanyak 2 siswa, kategori sedang sebanyak
2 siswa, dan kategori rendah sebanyak 2 orang. Siswa dalam kategori tinggi mampu
mengerjakan soal tes dengan memberikan lebih dari dua jawaban benar,
memberikan ide yang relevan dalam menyelesaikan masalah, proses perhitungan
selesai serta hasilnya benar, dan mampu mengerjakan soal dengan caranya sendiri.
Siswa dalam kategori sedang mampu menyelesaikan soal tes dengan memberikan
| SB00263S | KKI 372 WIJ. a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain