Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Kartu Kapsul Positif Dan Negatif Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas IV SD Negeri 5 Kalirejo Kecamatan Lawang
Permasalahan yang peneliti temukan di sekolah kelas IV SD Negeri 5 Kalirejo Kec. Lawang adalah guru kurang memanfaatkan model dan media pembelajaran. Sehingga berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media pembelajaran kartu kapsul positif dan negatif pada siswa kelas IV di SD Negeri 5 Kalirejo Kecamatan Lawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan Quasi Experimental Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi siswa kelas IV A sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes.
Pada penelitian ini menggunakan analisis uji normalitas pre test pada kelas eksperimen dan kontrol menghasilkan statistik Kolmogorov Smirnov 0,153 dan 0,173 dengan nilai signifikansi sebesar 0,171 dan 0,101, dapat disimpulkan bahwa data tersebut sudah melebihi alpha sebesar 0,05 sehingga data tersebut dinyatakan normal. Pada uji normalitas pada post test di kelas eksperimen dan kontrol menghasilkan statistik Kolmogorov Smirnov sebesar 0,171 dan 0,147 sedangkan nilai ssignifikanssi sebesar 0,78 dan 0,200, data tersebut sudah melebihi aalpha sebessar 0,05 maka data tersebut dinyatakan normal. Selanjutnya uji homogenitas pre test pada kelas ekperimen dan kontrol mengasilkan statistik Levenne’s sebesar 0,950 dengan nilai signifikansi sebesar 0,335 data tersebut >0,05 sehingga data tersebut dinyatakan homogen. Pada uji homogenitas post test pada kelas eksperimen dan kontrol menghasilkan statistik Levenne’s fhitung sebesar 2,758 dengan ilai signifikansi sebesar 0,,104 data tersebut >0,05 maka data tersebut dinyatakan homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai dari (df) n-2 sebesar 44 – 2 = 42 dengan hasil ttabel sebesar 1,681 dan thitung sebesar – 2.320. Nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,025. Hasil signifikan sebesar 0,025 < 0,05 maka Ha diterima Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan kartu kapsul positif dan negatif terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 5 Kalirejo Kecamatan Lawang.
| SB00255S | KKI 372 QOY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain