Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Kartu Kapsul Positif Dan Negatif Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas IV SD Negeri 5 Kalirejo Kecamatan Lawang

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Kartu Kapsul Positif Dan Negatif Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas IV SD Negeri 5 Kalirejo Kecamatan Lawang

Amalina Qoyyimah - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, S.Pd., M.Pd. - Nama Orang; Dyah Triwahyuningtyas, S.Si., M.Pd. - Nama Orang;

Permasalahan yang peneliti temukan di sekolah kelas IV SD Negeri 5 Kalirejo Kec. Lawang adalah guru kurang memanfaatkan model dan media pembelajaran. Sehingga berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media pembelajaran kartu kapsul positif dan negatif pada siswa kelas IV di SD Negeri 5 Kalirejo Kecamatan Lawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan Quasi Experimental Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi siswa kelas IV A sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes.
Pada penelitian ini menggunakan analisis uji normalitas pre test pada kelas eksperimen dan kontrol menghasilkan statistik Kolmogorov Smirnov 0,153 dan 0,173 dengan nilai signifikansi sebesar 0,171 dan 0,101, dapat disimpulkan bahwa data tersebut sudah melebihi alpha sebesar 0,05 sehingga data tersebut dinyatakan normal. Pada uji normalitas pada post test di kelas eksperimen dan kontrol menghasilkan statistik Kolmogorov Smirnov sebesar 0,171 dan 0,147 sedangkan nilai ssignifikanssi sebesar 0,78 dan 0,200, data tersebut sudah melebihi aalpha sebessar 0,05 maka data tersebut dinyatakan normal. Selanjutnya uji homogenitas pre test pada kelas ekperimen dan kontrol mengasilkan statistik Levenne’s sebesar 0,950 dengan nilai signifikansi sebesar 0,335 data tersebut >0,05 sehingga data tersebut dinyatakan homogen. Pada uji homogenitas post test pada kelas eksperimen dan kontrol menghasilkan statistik Levenne’s fhitung sebesar 2,758 dengan ilai signifikansi sebesar 0,,104 data tersebut >0,05 maka data tersebut dinyatakan homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai dari (df) n-2 sebesar 44 – 2 = 42 dengan hasil ttabel sebesar 1,681 dan thitung sebesar – 2.320. Nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,025. Hasil signifikan sebesar 0,025 < 0,05 maka Ha diterima Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan kartu kapsul positif dan negatif terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 5 Kalirejo Kecamatan Lawang.


Ketersediaan
SB00255SKKI 372 QOY p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 QOY p/s
Penerbit
Malang : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR., 2022
Deskripsi Fisik
xiii 129hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Numbered Head Together
Media Kartu Kapsul Positif dan Negatif,
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik