Electronic Resource
Efektifitas Konseling Realita Teknik Metafora Untuk Meningkatkan Pengelolaan Emosi Siswa Broken Home di SMA Dharma Wanita 01 Bululawang Kab. Malang
Emosi merupakan salah satu aspek yang tidak dapat dipisahkan dari
individu, emosi dibutuhkan individu untuk dapat beradaptasi dengan
lingkungannya. Bantuan kepada siswa yang memiliki pengelolaan emosi rendah
sangat diperlukan untuk membantu siswa menghadapi dunia sosial agar siswa
mempunyai kemampuan untuk mengkomunikasikan diri kepada orang lain. tujuan
penelitian ini untuk mengetahui efektifitas konseling realita teknik metafora sebagai
konseling untuk meningkatkan pengelolaan emosi siswa broken home di SMA
Dharma Wanita 01 Bululawang Kab. Malang.
Penelitian ini menggunakan desain subyek tunggal (single subject design)
rancangan A-B-A subjek penelitian merupakan 3 siswa berlatar belakang broken
home yang memiliki tingkat pengelolaan emosi rendah yang telah dipilih dari hasil
angket. Instrumen yang digunakan adalah angket, observasi dan treatment
konseling realita teknik metafora.
Hasil penelitian menunjukkan dari skor awal diperolah jumlah rata-rata tiap
aspek, menunjukkan tingkat emosi yang tinggi dan setelah diberikan treatment
konseling realita teknik metafora kondisi konseli menunjukkan perbaikan dalam
mengelola emosi yang dibuktikan dengan adanya grafik garis pengelolaan emosi.
Hal ini menunjukkan bahwa konseling realita teknik metafora efektif untuk
meningkatkan pengelolaan emosi siswa broken home. Level perubahan yang terjadi
setelah memperoleh intervensi juga menunjukkan makna yang membaik atau
perlakuan efektif menurunkan tingkat emosi pada siswa broken home.
Saran dalam penelitian ini adalah, bagi konselor diharapkan dapat
mengembangkan konseling realita dengan teknik metafora lebih baik lagi dan dapat
dijadikan acuan sebagai bahan, bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan rujukan
dalam melakukan penelitian serupa
| SB00246S | KKI 371.4 SAR e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain