Electronic Resource
Analisis Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hitung Pembagian Dan Perkalian Operasi Bilangan Bulat Kelas 6 Sekolah Dasar.
Literasi numerasi adalah gabungan dari beberapa keterampilan yang ada pada cakupan literasi dan matematika, literasi numerasi merupakan kemampuan individu dalam menerapkan, menalar, merumuskan, dan menafsirkan matematika dalam bergabagai konteks matematika dengan menggunakan konsep, pola, prosedur, dan fakta untuk mendekripsikan, menjelaskan, dan memprediksi suatu fenomena maupun kejadian dalam cakupan literasi numerasi itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan literasi nuemrasi siswa kelas 6 dalam menyelesaikan soal hitung pembagian dan perkalian perasi bilangan bulat.
Pada masa digital yang mengharuskan masyarakat maupun peserta didik menjadi lebih maju dalam teknologi maupun pendidikannya, peranan literasi numerasi juga memiliki andil yang besar karena sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, namun masih banyaknya peserta didik yang merasa kurang memahami dan menguasai komponen pada literasi numerasi. Sehingga sangat penting dalam menganalisis kemampuan peserta didik untuk dapat mengetahui sejauh mana kemampuan literasi numerasi yang dikuasai dan sebagai tolok ukur pengembangan pembelajaran kedepannya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, pada penelitian ini menggunakan metode tes dengan soal hitung pembagian dan perkalian operasi bilangan bulat yang menggunakan jenis penelitian deskriptif.
Hasil dari analisis penyelesaian soal hitung literasi numerasi bilangan bulat perkalian dan pembagian yang diselesaikan oleh siswa kelas 6 SD Negeri Cepoko tidak ditemukan kendala yang signifikan, hambatan yang dilalui oleh subjek penelitian telah dapat diselesaikan secara mandiri. Subjek penelitian dapat menyelesaikan sebagain besar bentuk komponen literasi numerasi dalam soal tes. Subjek penelitian belum dapat menguasai komponen literasi numerasi pola dan intepretasi statistik sepenuhnya. Beberapa komponen yang muncul pada subjek penelitian belum dapat dituntaskan sepenuhnya. Sehingga diharapkan peranan guru dapat bekerjasama dengan peserta didik dan sekolah untuk dapat menerapkan literasi numerasi sehingga keterampilan peserta didik dapat berkembang.
| SB00245S | KKI 372 HAN a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain