Electronic Resource
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik melalui Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid – 19 di SD Negeri 2 Ardimulyo Kab. Malang
Belajar menjadi kebutuhan dasar peserta didik untuk meraih prestasi di
masa depan. Pandemi covid-19 menjadi tantangan baru di dunia pendidikan.
Konsep belajar online menjadi kebutuhan dasar yang harus dilalui oleh peserta
didik selama belajar daring. Kebijakan pemerintah yang mengharuskan social
distancing atau saling menjaga jarak antar individu. Pembatasan jumlah peserta
didik di dalam kelas mengharuskan belajar secara daring menjadi alternatif belajar
untuk mengurangi dampak penyebaran pandemi covid-19. Ketidak siapan peserta
didik untuk belajar secara daring berdampak pada menurunya motivasi belajar
peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya peningkatan hasil
belajar tematik melalui pembelajaran online peserta didik kelas 2 Sekolah Dasar
Negeri Ardimulyo Kec Singosari, Kab. Malang dengan menggunakan aplikasi
whatsapp dan google meet secara daring.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas atau
classroom action research. Penelitian ini menggunakan dua siklus dengan empat
tahapan yakni: (1) planning; (2) action; (3) observation; dan (4) reflection. Peneliti
sebagai istrumen utama selain sebagai pengajar, observer, dan peneliti juga sebagai
perancang tindakan. Lokasi penelitian di Sekolah Dasar Negeri 2 Ardimulyo Kec.
Singosari, Kab. Malang. Waktu penelitian bulan Juli-Agustus 2021. Subjek
penelitian merupakan peserta didik kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 2 Ardimulyo
sebanyak 30 peserta didik, yang terdiri dari 16 peserta didik perempuan, dan 14
peserta didik laki-laki. Pengumpulan data lapangan menggunakan teknik
dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian menggambarkan peningkatan hasil belajar tematik melalui
pembelajaran online peserta didik kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 2 Ardimulyo Kec.
Singosari Kab. Malang dengan menggunakan pembelajaran melalui aplikasi
whatsapp dan google meet secara online dimana pada siklus I menunjukkan hasil
belajar siswa mengalami peningkatan 6,25% dan pada siklus II hasil belajar siswa
mengalami peningkatan sebesar 7,03% atau lebih dari 75 atau rata-rata 85 (di atas
standart nilai KKM) dengan jumlah siswa 30 orang. Maka pembelajaran online
dengan menggunakan aplikasi online memberikan keefektifan dan efisiensi waktu
dalam belajar masa pandemi covid-19
| SB00236S | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain