Text
Pengembangan Media Video Pembelajaran Animaker Berbasis Eksperimen Pada Materi Konduktor Isolator Panas Untuk Siswa Sekolah Dasar
Pandemi yang terjadi saat ini mengakibatkan banyak proses pembelajaran
berjalan tidak lancar seperti di SDN 02 Pulungdowo dimana siswa kurang faham
mengenai materi pembelajaran khususnya materi IPA dan mininmya penggunaan
media sehingga saat peroses pembelajaran berlangsung siswa menjadi kurang aktif.
Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan
Video Pembelajaran Animaker Berbasis Eksperimen yang dapat meningkatkan
pemahaman dan keaktifan siswa pada materi konduktor isolator panas serta
mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan dalam pembelajaran di kelas V
Sekolah Dasar.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan
desain ADDIE, terdiri dari lima tahap, yakni: 1) Analisis (analyze), 2) Perancangan
(design), 3) Pengembangan (development), 4) Implementasi (implementation) dan
5) Evaluasi (evaluation) namun peneliti hanya menggunakan sampai tahap
implemetasi karena keterbatasan waktu yang dilaksanakan di SDN 02 Pulungdowo
tepatnya kelas V sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan
memberikan angket validasi kepada dosen ahli materi, ahli media dan ahli bahasa
untuk melihat kelayakan video pembelajaran, angket kepraktisan guru kelas dan
angket respon siswa untuk mengetahui kepraktisan Video Pembelajaran Animaker.
Teknik analisis data yang digunakan ialah kualitatif dan kuantitatif menggunakan
angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) telah dihasilkan Media Video
Pembelajaran Animaker Berbasis Eksperimen untuk meningkatkan pemahaman dan
keaktifan siswa dengan uji kelayakan memperoleh presentase “91%” kategori
“sangat layak” digunakan dalam pembelajaran di kelas V SDN 02 Pulungdowo.
2) Uji kepraktisan Media Video Pembelajaran Animaker Berbasis Eksperimen
memperoleh presentase “89%” kategori “sangat praktis” digunakan dalam
pembelajaran di kelas V SDN 02 Pulungdowo. Peneliti berharap hasil penelitian ini
dapat bermanfaat yaitu dapat memberikan pengalaman baru bagi guru dan bagi
peneliti lain agar dapat dijadikan sumber untuk penelitian selanjutnya.
| SB00227S | KKI 372 WUL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain