Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Video Pembelajaran Animaker
Berbasis Eksperimen Pada Materi Konduktor Isolator
Panas Untuk Siswa Sekolah Dasar

Text

Pengembangan Media Video Pembelajaran Animaker Berbasis Eksperimen Pada Materi Konduktor Isolator Panas Untuk Siswa Sekolah Dasar

IRA WULANDARI - Nama Orang; Farida Nur Kumala, S.Si., M.Pd. - Nama Orang; Arnelia Dwi Yasa, M.Pd - Nama Orang;

Pandemi yang terjadi saat ini mengakibatkan banyak proses pembelajaran
berjalan tidak lancar seperti di SDN 02 Pulungdowo dimana siswa kurang faham
mengenai materi pembelajaran khususnya materi IPA dan mininmya penggunaan
media sehingga saat peroses pembelajaran berlangsung siswa menjadi kurang aktif.
Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan
Video Pembelajaran Animaker Berbasis Eksperimen yang dapat meningkatkan
pemahaman dan keaktifan siswa pada materi konduktor isolator panas serta
mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan dalam pembelajaran di kelas V
Sekolah Dasar.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan
desain ADDIE, terdiri dari lima tahap, yakni: 1) Analisis (analyze), 2) Perancangan
(design), 3) Pengembangan (development), 4) Implementasi (implementation) dan
5) Evaluasi (evaluation) namun peneliti hanya menggunakan sampai tahap
implemetasi karena keterbatasan waktu yang dilaksanakan di SDN 02 Pulungdowo
tepatnya kelas V sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan
memberikan angket validasi kepada dosen ahli materi, ahli media dan ahli bahasa
untuk melihat kelayakan video pembelajaran, angket kepraktisan guru kelas dan
angket respon siswa untuk mengetahui kepraktisan Video Pembelajaran Animaker.
Teknik analisis data yang digunakan ialah kualitatif dan kuantitatif menggunakan
angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) telah dihasilkan Media Video
Pembelajaran Animaker Berbasis Eksperimen untuk meningkatkan pemahaman dan
keaktifan siswa dengan uji kelayakan memperoleh presentase “91%” kategori
“sangat layak” digunakan dalam pembelajaran di kelas V SDN 02 Pulungdowo.
2) Uji kepraktisan Media Video Pembelajaran Animaker Berbasis Eksperimen
memperoleh presentase “89%” kategori “sangat praktis” digunakan dalam
pembelajaran di kelas V SDN 02 Pulungdowo. Peneliti berharap hasil penelitian ini
dapat bermanfaat yaitu dapat memberikan pengalaman baru bagi guru dan bagi
peneliti lain agar dapat dijadikan sumber untuk penelitian selanjutnya.


Ketersediaan
SB00227SKKI 372 WUL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 WUL p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
xv, 101 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
PGSD
Skripsi
Vidio Pembelajaran
Animaker
Konduktor Isolator Panas
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik