Text
Analisis Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran Pada Kelas 3 Di Sekolah Dasar
Hambatan penerapan pendidikan dalam pembelajaran tema 8 di sekolah
dasar dan pelaksanaan nilai karakter disiplin pada pembelajaran tema 8 di sekolah
dasar. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui Pelaksanaan Nilai Karakter
Disiplin Pada Pembelajaran Tema 8 Pada Kelas 3 Di Sekolah Dasar 2)Untuk
mengetahui Hambatan Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran
Tema 8 Pada Kelas 3 Di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif,
berupa uraian-uraian yang menjelaskan secara mendalam tentang suatu fakta,
realita, atau peristiwa yang digali secara mendalam dan tidak terbatas. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi,
wawancara dan dokumentasi, sementara teknik analisis data menggunakan
triangulasi yaitu Reduksi,Display, dan Verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa sudah menunjukan pendidikan
karakter pada pembelajaran di kelas 3 SD Negeri 1 Toyomarto, terutama pada
pendidikan karakter disiplin. Kegiatan pendidikan karakter dsiplin yaitu disiplin
waktu, disiplin menegakan aturan, disiplin beribadah, disiplin sikap. Karakter
yang dimiliki siswa perupakan peran bagi guru dalam proses belajar, seperti guru
membuat RPP yang mencantumkan karakter disiplin. Dari hasil penelitian guru
selalu memberikan motivasi kepada siswa agar tetap disiplin pada kegiatan sehariharinya. Selain itu dalam menanamkan nilai karakter disiplin siswa juga
membutuhkan peran penting pada pembelajaran dengan membiasakan
penegmbangan diri meliputi kegiatan berdoa sebelum dan sesudah pelajaran,
mengerjakan tugas setiap waktu, mematuhi peraturan sekolah, bersikap santun di
semua kegiatan.
| SB00224S | KKI 372 NAB a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain