Text
Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Tradisional Gatrik Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Smp Negeri 12 Malang
Kerjasama merupakan sikap saling mendekati untuk mengurus kepentingan
bersama dan tujuan yang sama. Dengan demikian, maka kemampuan kerjasama sangat
penting dimiliki oleh anak, karena anak dapat saling berinteraksi dan saling membantu
untuk mewujudkan tujuannya. Selain itu, pada proses bekerjasama anak dapat
mengembangkan kemampuan sosial emosional seperti anak belajar tanggung jawab,
berbagi, saling membantu dan berinteraksi dalam menyelesaikan masalah dalam
kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa buku panduan
pengembangan layanan bimbingan kelompok teknik permainan tradisional gatrik untuk
meningkatkan kerjasama pada siswa.
Metode penelitian menggunakan model riset pengembangan Borg & Gall (1983:
567) yang telah disederhanakan menjadi 6 tahap yang disesuaikan dengan kondisi
lapangan dan kebutuhan peneliti. Tahap penelitian dimulai dari tahapan (1) Perencanaan,
(2) Pengembangan produk, (3) Uji Ahli Materi BK, Uji Ahli Media, Uji Ahli bahasa, (4)
tahap revisi produk (5) Uji Coba pengguna produk, (6) Produk pengembangan panduan
permainan tradisional gatrik untuk meningkatkan kerjasama pada siswa SMP.
Pengembangan panduan ini diuji validitasnya oleh 4 validator diantaranya uji ahli
materi,uji ahi media, uji ahli bahasa, dan calon pengguna produk.
Berdasarkan hasil penilaian uji ahli materi dan uji ahli media memperoleh skor
rata-rata 3,5 dapat disimpulkan bahwa buku panduan ini tepat untuk digunakan, dan hasil
uji ahli bahasa mempeoleh skor rata-rata 3,0 dapat disimpulkan bahwa dari segi
penggunaan bahasa buku panduan ini cukup tepat untuk digunakan dan sudah diuji
langsung oleh ahli bahasa. Sedangkan penilaian uji pengguna produk memperoleh skor
rata-rata 3,3 dapat di simpulkan bahwa buku panduan ini sudah diuji langsung oleh guru
BK/Konselor disekolah sehingga buku panduan ini cukup sesuai untuk digunakan oleh
konselor sebagai pedoman dalam meningkatkan kerjasama pada siswa SMP.
Pengembangan ini telah melakukan revisi terhadap produk sesuai dengan penilaian, saran
dan masukan dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan hasil uji calon pengguna produk
(Konselor). Dengan demikian panduan permainan tradisional gatrik untuk meningkatkan
kerjasama pada siswa dikategorikan sangat berguna, sangat tepat, sangat menarik dan
sangat layak untuk digunakan.
Saran untuk penelitian selanjutnya dapat dijadikan rujukan bagi peneliti
selanjutnya dalam melakukan peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitain serupa
yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama pada siswa. Diperlukan upaya yang
berkelanjutan dan terukur untuk mengetahui dan meningkatkan kerjasama pada siswa.
Permainan gatrik tidak hanya diterapkan pada karakter kerjasama pada siswa saja, namun
bisa untuk masalah lainnya sehingga dengan permainan simulasi tradisional gatrik dapat
bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.
| SB00216S | KKI 371.4 BHE p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain