Text
Pengembangan Game Edukasi “Warrior Adventure” Berbasis Karakter Nasionalis Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V
Pada abad 21 terjadi perkembangan teknologi yang sangat pesat.
Perkembangan teknologi merambah dunia pendidikan. Pada dunia pendidikan,
pembelajaran perlu menyesuaikan dengan perkembangan zaman melalui
pemanfaatan teknologi untuk menunjang proses pembelajaran. Proses
pembelajaran yang dilaksanakan di SDN Tempurejo 02 masih berpaku pada buku
teks, media pembelajaran yang kurang menarik, dan kurangnya penanaman
karakter nasionalis pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan produk game edukasi “Warrior
Adventure” berbasis karakter nasionalis materi perjuangan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia untuk siswa sekolah dasar kelas V.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan
model ADDIE dan memiliki 5 tahapan yaitu: analisis (analyze), desain (design),
pengembangan (development), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate).
Pada penelitian ini subjek uji coba yang digunakan adalah siswa kelas V SDN
Tempurejo 02 yang berjumlah 12 siswa. penelitian ini menggunakan instrumen
penelitian berupa angket. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif.
Uji validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 94% dikategorikan
sangat layak, validasi ahli bahasa 97,5% dikategorikan sangat layak, dan validasi
ahli media 96% dikategorikan sangat layak. Hasil uji kepraktisan guru
memperoleh persentase 93% dikategorikan sangat baik, dan uji kepraktisan siswa
memperoleh persentase 92,5% dikategorikan sangat baik. Uji keefektifan siswa
memperoleh nilai rata-rata 88 dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan data
penelitian, ditarik kesimpulan bahwa game edukasi “Warrior Adventure” berbasis
karakter nasionalis materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
untuk siswa sekolah dasar kelas V dinyatakan layak, praktis, dan efektif
digunakan sebagai media pembelajaran dalam menunjang proses pembelajaran.
| SB00212S | KKI 372 RAH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain