Text
Pengembangan Panduan Konseling Kelompok Dengan Teknik Relaksasi, Desensitisasi Sistematis Dan Flooding Untuk Mengurangi Kecemasan Berinteraksi Dengan Orang Lain Pada Siswa Smp
Kecemasan berinteraksi dengan orang lain merupakan permasalahan sosial
yang banyak dialami oleh siswa. Kecemasan berinteraksi merupakan rasa khawatir,
gugup, takut serta menjauhi berinteraksi dengan orang lain dan merasa lebih
nyaman pada saat sendirian, hal tersebut dapat berdampak pada akademik siswa.
Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menurunkan tingkat kecemasan
berinteraksi siswa adalah layanan konseling kelompok dengan teknik relaksasi,
desensitisasi sistematis dan fooding. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
panduan konseling kelompok dengan teknik relaksasi, desensitisasi sistematis dan
flooding untuk mengurangi kecemasan berinteraksi dengan orang lain pada siswa
SMP.
Penelitian ini menggunakan model riset pengembagan Borg and Gall (2014)
yang telah disesuaikan dengan kondisi dilapangan dan kebutuhan peneliti menjadi
6 tahapan. Yakni tahap (1) perencanaan, (2) pengembangan produk, (3) uji ahli
materi BK, uji ahli media, (4) tahap revisi produk, (5) uji coba pengguna produk,
(6) produk akhir panduan konseling kelompok dengan teknik relaksasi,
desensitisasi sistematis dan flooding untuk mengurangi kecemasan berinteraksi
dengan orang lain pada siswa SMP. Pengembangan panduan ini uji validitasnya
dilakukan oleh empat validator, yakni dua orang uji ahli materi, uji ahli media, dan
uji coba pengguna produk. Berdasarkan penilaian uji ahli materi diperoleh nilai
rata-rata 3,5 (sangat tepat), uji ahli media dengan nilai rata-rata 3,9 (sangat tepat),
dan uji pengguna produk dengan nilai rata-rata 3,3 (sangat tepat). Revisi terhadap
produk telah disesuaikan dengan penilaian, saran dan masukan dari ahli materi, ahli
media dan uji coba pengguna. Sehingga buku panduan ini dikategorikan sangat
berguna, sangat mudah, sangat tepat, sangat menarik dan sangat layak untuk
digunakan konselor dalam pemberian layanan untuk menurunkan kecemasan
berinteraksi dengan orang lain pada siswa.
Penelitian ini hanya sampai uji coba pengguna, sehingga konselor belum
dapat dianjurkan untuk menerapkan panduan konseling kelompok dengan teknik
relaksasi, desensitisasi sistematis dan flooding untuk mengurangi kecemasan
berinteraksi dengan orang lain pada siswa SMP. Saran untuk peneliti
selanjutnyadiharapkan dapat melakukan uji lapangan kepada siswa untuk
mengetahui efektifitas panduan konseling kelompok dengan teknik relaksasi,
desensitisasi sistematis dan flooding untuk mengurangi kecemasan berinteraksi
dengan orang lain pada siswa SMP.
| SB00208S | KKI 371.4 KUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain