Text
Analisis Pedagogik Guru Dalam Variasi Pembelajaran Di Kelas II Sd
Kompetensi Pedagogik merupakan kemampuan seorang guru dalam
mengelola proses pembelajaran yang berhubungan dengan peserta didik, meliputi
pengetahuan dan kompetensi pedagogik memiliki peran yang sangat penting
dalam proses pembelajaran, karena berhubungan langsung dengan proses
pembelajaran, yaitu perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Variasi dalam
pembelajaran adalah perubahan dalam proses kegiatan yang bertujuan untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik, serta mengurangi kejenuhan dan
kebosanan, tujuan utama guru mengadakan variasi pembelajaran untuk
mengurangi kebosanan siswa sehingga fokus siswa dalam belajar tetap terpusat.
Itulah mengapa keterampilan mengadakan variasi itu penting untuk diterapkan.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kompetensi
pedagogik guru pada pembelajaran dan pelaksanaan variasi pembelajaran.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah
wakil kepala sekolah, guru wali kelas II, dan siswa kelas II SDN Bandungrejosari
1 Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh guru kelas di SDN
Bandungrejosari 1 Malang hampir semuanya sudah terlihat dalam melaksanakan
kompetensi pedagogik guru dan dinyatakan valid dari beberapa indikator yang
telah peneliti kembangkan sesuai dengan aspek kompetensi pedagogik guru, dan
hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwasanya seluruh guru kelas di
SDN Bandungrejosari 1 Malang hampir semuanya sudah melaksanakan variasi
pembelajaran dan peneliti sendiri sudah melihat bahwa guru sudah melaksanakan
variasi pembelajaran khususnya di kelas II dimana peneliti sudah melakukan
observasi, wawancara serta dokumentasi secara langsung dan dinyatakan valid
dari beberapa indikator yang telah peneliti kembangkan sesuai dengan aspek
variasi pembelajaran. Berdasarkan penelitian analisis pedagogik guru dalam
variasi pembelajaran dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru sangat
erat kaitannya dengan kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar dan dapat
disimpulkan bahwa dengan adanya variasi pembelajaran dapat mencapai tujuan
pembelajaran yang diinginkan salah satunya yaitu dengan menerapkan variasi
pembelajaran dan menerapkan berbagai model dan metode pembelajaran saat
mengajar di kelas. Berdasarkan hasil yang didapatkan, maka disarankan guru
untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan variasi pembelajaran agar
berguna bagi siswa supaya siswa tidak mudah bosan saat pembelajaran di kelas.
| SB00205S | KKI 372 JOR a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain