Text
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Dart Board Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Sdn Mergosono 1 Malang
Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan proses sistem
pembelajaran adalah guru. Guru harus menguasai strategi maupun model
pembelajaran dengan baik yang dapat merangsang keaktifan siswa dan siswa
melaksanakan dengan teratur dan sistematis. Model pembelajaran yang
menekankan latihan terkontrol dengan kerja kooperatif yang kreatif sehingga siswa
ikut aktif dalam proses pembelajaran, model ini adalah model pembelajaran Teams
Games Tournament (TGT) yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Class Presentation,
Teams, Games, Tournament dan Team Recognition.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan
Dartboard Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah
Dasar Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
jenis penelitian tindakan kelas. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data kuantitatif berupa hasil tes akhir siklus dengan analisis data dari perolehan nilai
persentase jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran yaitu siswa yang
mendapat nilai 75. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah: 1) tes; 2) angket; dan 3) lembar observasi;
Hasil analisis pada siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran siklus I belum
mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan dikarenakan hanya 58,30% siswa
yang mendapat nilai nilai 75. Hasil observasi tindakan guru 72,36%, hasil
observasi tindakan peserta didik 73,68%, minat belajar siswa 2,97 dan rata-rata
hasil belajar pada siklus I sebesar 72,5. Pada siklus II dilakukan perbaikan proses
pembelajaran sehingga pembelajaran siklus II mencapai pembelajaran yang telah
ditentukan. Pada siklus II sudah 83,40 % siswa yang mendapat nilai 75. Hasil
observasi tindakan guru 82,89%, hasil observasi tindakan peserta didik 88,15%,
minat belajar siswa 3,43 dan hasil rata-rata peserta didik meningkat menjadi 80.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, penerapan Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media
Dartboard dapat meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah
Dasar SDN Mergosono 1 Tahun Ajaran 2021/2022.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran TGT dengan media dartboard dapat meningkatkan minat
belajar dan hasil belajar siswa. Adapun saran dari peneliti yaitu peneliti selanjutnya,
agar dapat mengembangkan misalnya dengan memadukanya dengan metode lain.
| SB00203S | KKI 372 SHI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain