Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams
Games Tournament (TGT) Berbantuan Dart Board Untuk
Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv
Sekolah Dasar Sdn Mergosono 1 Malang

Text

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Dart Board Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Sdn Mergosono 1 Malang

ORNELLA ALDINIA SHIW - Nama Orang; Drs. Iskandar Ladamay, M.Pd - Nama Orang; Arnelia Dwi Yasa, M.Pd, Pembimbing - Nama Orang;

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan proses sistem
pembelajaran adalah guru. Guru harus menguasai strategi maupun model
pembelajaran dengan baik yang dapat merangsang keaktifan siswa dan siswa
melaksanakan dengan teratur dan sistematis. Model pembelajaran yang
menekankan latihan terkontrol dengan kerja kooperatif yang kreatif sehingga siswa
ikut aktif dalam proses pembelajaran, model ini adalah model pembelajaran Teams
Games Tournament (TGT) yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Class Presentation,
Teams, Games, Tournament dan Team Recognition.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan
Dartboard Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah
Dasar Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
jenis penelitian tindakan kelas. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data kuantitatif berupa hasil tes akhir siklus dengan analisis data dari perolehan nilai
persentase jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran yaitu siswa yang
mendapat nilai  75. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah: 1) tes; 2) angket; dan 3) lembar observasi;
Hasil analisis pada siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran siklus I belum
mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan dikarenakan hanya 58,30% siswa
yang mendapat nilai nilai  75. Hasil observasi tindakan guru 72,36%, hasil
observasi tindakan peserta didik 73,68%, minat belajar siswa 2,97 dan rata-rata
hasil belajar pada siklus I sebesar 72,5. Pada siklus II dilakukan perbaikan proses
pembelajaran sehingga pembelajaran siklus II mencapai pembelajaran yang telah
ditentukan. Pada siklus II sudah 83,40 % siswa yang mendapat nilai  75. Hasil
observasi tindakan guru 82,89%, hasil observasi tindakan peserta didik 88,15%,
minat belajar siswa 3,43 dan hasil rata-rata peserta didik meningkat menjadi 80.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, penerapan Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media
Dartboard dapat meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah
Dasar SDN Mergosono 1 Tahun Ajaran 2021/2022.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran TGT dengan media dartboard dapat meningkatkan minat
belajar dan hasil belajar siswa. Adapun saran dari peneliti yaitu peneliti selanjutnya,
agar dapat mengembangkan misalnya dengan memadukanya dengan metode lain.


Ketersediaan
SB00203SKKI 372 SHI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 SHI p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
xiii, 158 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
PGSD
minat belajar
Skripsi
Teams Games Tournament (TGT)
Media Dartboard
hasil pelajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Dart Board Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Sdn Mergosono 1 Malang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik