Text
Analisis Program Parenting Education Terhadap Kemandirian Anak Ditinjau Dari Segi Kultural Pada Anak Kelompok A Di TK Muslimat Nu 15 Al-Ikhlas Gading 2022
Program parenting education adalah suatu program yang diberikan kepada
orang tua agar wawasan dalam mengasuh anak semakin bertambah. Adanya
parenting diharapkan pola asuh yang diberikan orang tua dan guru selaras guna
meningkatkan tumbuh kembang anak terutama sikap kemandirian. Setiap orang tua
dalam mengembangkan sikap kemandirian pada anak pasti berbeda-beda hal ini
dikarenakan perbedaan budaya atau lingkungan tempat tinggal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis program
parenting education terhadap kemandirian anak ditinjau dari segi kultural pada
anak kelompok A di TK Muslimat NU 15 Al-Ikhlas Gading. Untuk mengetahui
bagaimana pola asuh yang diberikan orang tua.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif. Analisis data hasil penelitian menggunakan reduksi data,
penyajian data dan menarik kesimpulan. Data yang diperoleh dari hasil observasi,
wawancara, dokumentasi. Subyek yang digunakan dalam wawancara sebanyak 17
orang tua.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua
dari anak kelompok A TK Muslimat NU 15 Al-Ikhlas Gading, cenderung mengarah
ke pola asuh demokratis dan pola asuh otoritatif. Pola asuh demokratis ditunjukkan
dengan hasil wawancara bahwa orang tua memberikan kebebasan pada anak namun
orang tua juga mengontrol anak. pola asuh otoritatif ditunjukkan dengan hasil
wawancara bahwa orang tua membuat peraturan sendiri dan cenderung anak harus
mengikutinya. Sedangkan kemandirian anak kelompok A sudah berkembang
dengan baik. Hal ini terlihat dari hasil penelitian anak sudah mampu mengontrol
emosinya, mengurus keperluannya sendiri, dan mengatur waktu sendiri. Dalam
mengembangkan kemandirian banyak faktor yang mendukung terutama pola asuh
yang diberikan orang tua dan lingkungan sekitar. Kemudian budaya atau kultur
orang tua dahulu dapat mempengaruhi pola asuh yang diberikan terhadap anak.
Kesimpulan dan saran program parenting yang dilaksanakan di TKM NU
15 Al-Ikhlas Gading, pola asuh yang dianut oleh informan cenderung menggunakan
pola asuh authoritative (demokrasi) dan otoritatif. Saran dari penelitian ini adalah :
(1) bagi orang tua, Orang tua adalah madrasah utama dan pertama bagi anak, oleh
sebab itu hekdaknya orang tua juga menanamkan sikap kemandirian bagi anak
sejak dini, karena anak akan tidak mudah bergantung terhadap orang lain. (2) bagi
pendidik, diharapkan dapat memberikan pendidikan atau pola asuh yang selaras
dengan dirumah agar semua perkembangan anak terutama kemandirian dapat
berkembang dengan sempurna.
| SB00195S | KKI 372 KHO a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain