Electronic Resource
Pegembangan Panduan Biblioedukasi Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa SMA
Efikasi diri adalah faktor penting yang mempengaruhi prestasi murid.
Individu yang yakin pada kemampuan diri, akan berusaha terus sampai yang dikerjakan
dengan tuntas dan memiliki hasil. Apabila terjadi suatu masalah dalam pencapaiyan
yang diinginkan, individu yang memiliki efikasi diri yang tinggi akan tetap bertahan dan
tidak menyerah. Efikasi diri akademik menjadi begitu penting tidak terkecuali bagi
siswa sekolah menengah atas (SMA). Apabila efikasi diri akademik pada siswa tidak
terbentuk maka dapat menyebabkan disiplin belajar rendah, belajar menjadi tekanan,
dan mudah menyerah pada tugas yang sulit, salah satu cara meningkatkan efikasi diri
akademik pada diri siswa dapat menggunakan biblioedukasi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan panduan biblioedukasi untuk meningkatkan efikasi diri
akademik siswa SMA.
Model riset pengembangan Borg & Gall (1983:567) yang telah disederhanakan
menjadi (6) tahap yang disesuaikan dengan kondisi lapangan dan kebutuhan peneliti.
Tahap penelitian dimulai dari tahap (1) Perencanaan, (2) Pengembangan produk, (3) Uji
Ahli Materi BK, Uji Ahli Media, uji Ahli Bahasa, (4) Tahap revisi produk, (5) Uji
Coba pengguna produk, (6) Produk pengembangan panduan biblioedukasi untuk
meningkatkan efikasi diri akademik siswa SMA. Pengembangan panduan ini diuji
validitasnya oleh empat (4) validator diantaranya uji ahli materi, uji ahli media, uji ahli
bahasa, dan calon penguna produk. Berdasarkan penilaian uji ahli materi dan uji ahli
media memperoleh nilai rata-rata 3,19 (sangat tepat) dan uji ahli bahasa menunjukan
nilai 3,0 (setuju) sedangkan penilaian uji pengguna produk menunjukan nilai 3,4
(sangat tepat). Pengembangan ini telah melakukan revisi terhadap produk sesuai dengan
penilaian, saran dan masuka dari ahli materi, ahli media, dan uji ahli bahasa dan uji
pengguna produk. Dengan demikia panduan biblioedukasi untuk meningkatkan efikasi
diri akademik siswa dikategorikan sangat berguna, sangat mudah, sangat tepat, sangat
menarik, dan sangat layak untuk digunakan oleh konselor dalam pemberihan pelatihan
peningkatan efikasi diri akademik siswa.
Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan panduan biblioedukasi untuk
meningkatkan efikasi diri akademik siswa SMA, dapat dianjurkan bagi konselor agar
dapat menerapkan panduan biblioedukasi untuk meningkatkan efikasi diri akademik
siswa SMA. Karena hasil penelitian ini telah terbukti bahwa panduan biblioedukasi
efektif meningkatkan efikasi diri akademik siswa. Saran untuk peneliti selanjutnya agar
lebih selktif dalam membuat buku panduan dan diharapkan dapat menggunakan teori
lain yang membahas mengenai efikasi diri akademik agar siswa dapat lebih memahami
secara mendalam mengenai efikasi diri akademik.
| SB00001V | KKI 371.4 MUT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain