Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Pecahan SMP Berdasarkan Teori Taksonomi Solo

Text

Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Pecahan SMP Berdasarkan Teori Taksonomi Solo

VINSINSIUS - Nama Orang; Dr. Tatik Retno Murniasih, S.Si., M.Pd - Nama Orang; Riski Nur Istiqomah D, M. Si. - Nama Orang;

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil tes observasi awal yang dilakukan pada
beberapa siswa SMP yang menunjukkan bahwa kemampuan penyelesaian soal siswa
masih belum optimal. Berawal dari hasil tersebut peneliti melakukan penelitian yang
bertujuan untuk mengetahui kemampuan penyelesaian yang dilakukan oleh siswa dalam
menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan pecahan di SMP Negeri 17
Malang berdasarkan teori taksonomi solo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan penyelesaian soal
siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan berdasarkan teori taksonomi solo. Untuk
mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan instrumen yaitu tes tertulis
yang memuat 2 butir soal, pedoman wawancara dan dokumentasi. Subjek sebanyak 31
siswa kelas VII-I SMP Negeri 17 Malang. Setelah diberi tes dan dianalisis diambil 6
subjek untuk diwawancara berdasarkan kemampuan penyelesaian soal siswa yang
masing-masing terdiri dari 2 siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Peneliti
menggunakan triangulasi teknik dalam rangka untuk mengecek keabsahan data yang telah
diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan penyelesaian soal siswa dalam
menyelesaikan soal cerita pecahan berdasarkan teori taksonomi Solo yaitu 1) Subjek
berkemampuan tinggi mampu mencapai indikator kemampuan pemecahan masalah
disetiap nomor berada pada tahap unistruktural, multistruktural, relational dan extended
abstract. 2) subjek berkemampuan sedang hanya 1 subjek yang mampu mencapai tahap
unistruktural, multistruktural, relational dan exstended abstract pada soal nomor 1,
sedangkan pada soal nomor 2, hanya 1 subjek yang mampu menyelesaikan soal pada
tahap unistruktural, multistruktural, relational dan extended abstract. 3) subjek
berkemampuan rendah hanya 1 subjek yang mampu mencapai indikator tahap
unistruktural dan multistruktural, pada tahap relational subjek masih keliru pada proses
memberikan gambaran strategi yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal sehingga
mengakibatkan subjek tidak mampu mencapai indikator tahap relational dan extended
abstract. Kesalahan terbesar yang sering terjadi berada pada tahap relational dimana
terdapat banyak subjek yang mengalami kesalahan. Kesimpulan dari hasil penelitian,
kedua subjek berkemapuan tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah sesuai
dengan teori taksonomi solo berada pada tahap unistruktural, multistruktural, relational
dan extended abstract. Kedua subjek berkemampuan sedang secara garis besar memiliki
kemampuan pemecahan masalah susai dengan teori taksonomi solo berada pada tahap
multistruktural. Kedua subjek berkemampuan rendah hanya memiliki kemampuan
pemecahan masalahan sesuai dengan teori taksonomi solo berada pada tahap
unistruktural. Saran untuk peneliti selanjutnya, peneliti berharap dapat dijadikan sebagai
masukan referensi bagi peneliti lain dalam melakukan penelitian mengenai tingkat
kemampuan pemecahan masalah siswa pada suatu materi pelajaran berdasarkan teori
taksonomi solo.


Ketersediaan
SB00192Skki 510 VIN a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
kki 510 VIN a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
xiii, 52 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Taksonomi SOLO
Kemampuan Pemecahan Masalah,
Skripsi
Soal Cerita Pecahan
Pendidikan Matematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik