Electronic Resource
Profil Sd Islamic Global School Dalam Membangun Kultur Sekolah Yang Literat
Sistem pembelajaran pada saat ini di SD Islamic Global School terdapat dua
kategori yaitu daring dan luring. Selain itu, SD Islamic Global School menerapkan
budaya sekolah 5S, sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, budaya religius,dan
budaya literasi. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pagaimana profil sekolah
dalam mekanisme pengajaran dan pembelajaan, ingin mengetahui cara membangun
budaya sekolah berbasis literasi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan study
kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakakurikulum, pustakawan,
guru kelas VE, dan 5 siswa kelas VE. Analisis penelitian terdiri dari pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Instumen yang digunakan yaitu
lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengecekan data penelitian ini
menggunakan ketekunan peneliti, triangulasi teknik yang berisi observasi,
wawancara, dan dokumentasi, dan pengecekan teman sejawat.
Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menumukan bahwa SD Islamic
Global School memuat visi misi, tujuan pendidikan, keunggulan sekolah, dan
kurikulum yang digunakan sekolah yaitu kurikulum 2013 dan pengembangan
sekolah. Dalam mekanisme pengajaran dan pembelajaran terdapat workshop dan
sosialisasi. Pembelajaran dilakukan secara daring dan luring. Terdapat kendala
jaringan, siswa tidak memahami materi, tidak fokus karena bermain HP. Solusinya
dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariatif seperti CTL, joyfull,
dan pakem. Memiliki beragam budaya sekolah seperti 5S, pembiasaan religius,
budaya jum’at bersih dan sehat, mendukung sekolah ramah dengan adanya
pajangan di setiap dinding sekolah, dan mengadakan lomba peringatan hari besar,
dan memiliki budaya pembiasaan membaca yang dilakukan selama 15 menit, serta
fun cooking. Pelaksanaan budaya sekolah belum berjalan maksimal karena adanya
pandemi covid-19 dan guru baru. Solusinya dengan adanya rapat kerja. Pelaksanaan
budaya literasi ini selama 15 menit untuk membaca, 15 menit untuk kegiatan
bercerita di depan kelas. Terdapat hambatan seperti kurangnya kesadaran siswa
akan membaca, tidak adanya kebiasaan membaca saat dirumah,solusinya yaitu
dengan adanya keberagaman buku bacaan, membebaskan siswa dalam pemilihan
buku bacaan. Terdapat fasilitas yang disediakan oleh sekolah yang berupa
perpustakaan dan sudut baca.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa SD Islamic Global
School memuat visi misi, tujuan, keunggulan dan kurikulum. Dalam pelaksanaan
kurikulum mmeuat mekanisme pengajaran dan pembelajaran.Memiliki keragaman
budaya sekolah salah satunya budaya literasi. penelitian ini memiliki saran yang
ditujukan ke kepala sekolah, guru,siswa, dan Peneliti lain.
| SB00001U | KKI 372 HAS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain